Share

Korupsi Asabri, Garuda dan Jiwasraya Dibongkar, Erick Thohir: Ini Bagian Transformasi BUMN

Feby Novalius, Okezone · Rabu 17 Agustus 2022 13:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 17 320 2649313 korupsi-asabri-garuda-dan-jiwasraya-dibongkar-erick-thohir-ini-bagian-transformasi-bumn-RMykyNbnDt.jpg Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Okezone.com/KBUMN)

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir berikhtiar untuk terus memberantas korupsi di perusahaan negara. Di mana Presiden Jokowi dalam Pidato Kenegaraannya menyatakan korupsi selalu jadi prioritas utama untuk diberantas.

"Ikhtiar Berantas Korupsi! Dalam pidato di Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI 2022, Presiden @jokowi menyatakan korupsi besar BUMN telah berhasil dibongkar," tulis Erick Thohir dalam Instagramnya, Rabu (17/8/2022).

Baca Juga: 3 Kasus Dugaan Korupsi di Garuda Indonesia, Krakatau Steel hingga Waskita Beton

Menurut Erick Thohir, proses hukum bukan sekadar memenjarakan oknum yang melakukan korupsi di BUMN. Di mana korupsi besar di Jiwasraya, ASABRI, dan Garuda berhasil dibongkar.

Baca Juga: Kejagung Tetapkan 4 Tersangka Korupsi Waskita Beton, Begini Reaksi Erick Thohir

"Namun bagian dari transformasi BUMN membangun island of integrity sebagai model korporasi negara yang sehat. BUMN sehat dapat berkontribusi untuk masyarakat dan negara," ujarnya.

Adapun skor Indeks Persepsi Korupsi dari Transparansi Internasional, naik dari 37 menjadi 38 di tahun 2021. Indeks Perilaku Anti Korupsi dari BPS juga meningkat, dari 3,88 ke 3,93 di tahun 2022.

Selain itu, Presiden juga menyoroti penyelesaian pelanggaran HAM berat masa lalu, juga terus menjadi perhatian serius Pemerintah. RUU Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi sedang dalam proses pembahasan.

Tindak lanjut atas temuan Komnas HAM masih terus berjalan. Keppres Pembentukan Tim Penyelesaian Non-Yudisial Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu telah saya tanda tangani.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini