Share

Minat Bangun Rumah di IKN Nusantara? Pemerintah Buka Peluang Bagi Investor

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Senin 22 Agustus 2022 09:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 22 470 2651899 minat-bangun-rumah-di-ikn-nusantara-pemerintah-buka-peluang-bagi-investor-XUbtFTvCyl.png IKN Nusantara. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktur Jendral (Dirjen) Perumahan, Iwan Suprijanto mengatakan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara membuka peluang bagi investor yang ingin menggarap sektor perumahan.

"Kami membuka peluang para pemangku kepentingan bidang perumahan untuk bisa berpartisipasi dalam pembangunan hunian IKN Nusantara," ujar Iwan dalam pernyataan tertulisnya, Minggu (22/8/2022).

Iwan menerangkan, penetapan pembangunan IKN Nusantara bukan hanya sekedar membangun infrastruktur dan perumahan saja tapi juga mendorong distribusi serta pemerataan ekonomi di daerah.

Selain itu, desain IKN Nusantara adalah membangun kota baru dengan heterogenitas masyarakat dari seluruh wilayah di Indonesia.

 BACA JUGA:22 Rusun Pekerja Konstruksi IKN Dibangun, Dananya Tembus Rp600 Miliar

"Kami ingin membangun infrastruktur dan yang mempu mendukung aktifitas hidup penduduk kota dan menunjang aspek sosial ekonomi kerakyatan," lanjut Iwan.

Menurutnya, pembangunan IKN bakal di desain dengan masterplan yang baik bukan hanya sekedar Ibukota tapi juga mampu mengundang global talent dan investasi dari berbagai perusahaan serta lembaga pendidikan kelas dunia masuk dalam pembangunan kota baru itu.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Iwan menerangkan, IKN Nusantara bukan menjadi saingan kota Jakarta tapi upaya pemerintah menarik magnet investasi dari negara tetangga agar mau berpindah dan berinvestasi ke Indonesia.

Pembangunan IKN Nusantara, kata Iwan menjadi tantangan yang ada sekaligus peluang membuka kran investasi di daerah.

Dalam hal ini pemerintah hanya ambil porsi hanya 20% saja dan sisanya 80% untuk investasi peluang bagi para pengusaha dan pengembang perumahan bisa partisipasi dalam menyediakan hunian bagi masyarakat.

"Kami siap mendukung kemudahan investasi dan peraturan yang mampu mendukung penyediaan hunian layak dan terjangkau. Kami harap para pengembang perumahan dan pemerintah daerah bisa menjadi aktor utama dalam pembangunan perumahan di IKN Nusantara," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini