Share

Kebal Krisis, Wapres Ungkap 'Harta Karun' yang Ada di RI

Binti Mufarida, Sindonews · Rabu 24 Agustus 2022 12:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 24 320 2653499 kebal-krisis-wapres-ungkap-harta-karun-yang-ada-di-ri-A33tycpi92.jpg Wapres Ungkap Harta Karun di RI (Foto: Setwapres)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin optimistis Indonesia tidak terpengaruh oleh krisis global seperti ancaman krisis pangan, energi, dan krisis keuangan. Di mana beberapa penyebabnya adalah ketidakpastian global akibat perang Ukraina-Rusia.

“Krisis apapun, krisis global bagaimanapun tidak akan berpengaruh pada bangsa kita,” kata Wapres saat membuka membuka Musyawarah Nasional I Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) secara virtual dari Istana Wakil Presiden, Rabu (24/8/2022).

BACA JUGA: Bos BI Masih Pede Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,3% di 2022 

Apalagi, kata Wapres Indonesia diberkahi oleh Allah SWT sumber daya alam yang melimpah. Sehingga, potensi ini harus dimanfaatkan untuk dijual kepala negara-negara yang sumber daya alamnya tidak melimpah seperti Indonesia.

“Nah kita ini negara yang dikasih oleh Allah banyak sekali produk-produk pertanian, perkebunan, kelautan, pertambangan yang tidak ada di negara lain. Sehingga kita bisa menjual,” kata Wapres.

Pada kesempatan itu, Wapres juga meminta agar potensi jalur rempah yang dulu menjadi perebutan negara-negara lain yang menjajah Indonesia untuk dihidupkan kembali dengan cara hilirisasi.

“Dulu orang datang ke sini mencari rempah-rempah yang tidak ada di negara lain, sehingga mereka menjajah kita disini. Nah saya bilang, jalur rempah itu harus dihidupkan lagi cuma dalam bentuk yang lain dimana kita menjual rempah dengan cara hilirisasi-hilirisasi. Nah yang penting adalah bagaimana sumber daya alam yang kita miliki itu bisa kita olah dengan baik untuk menjadi, kita hilirisasi untuk kita jual ke negara lain seperti tadi disebutkan Alquran itu,” kata Wapres.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Wapres pun mendorong agar para pengusaha berpartisipasi dalam hilirisasi produk-produk alam di Indonesia sehingga Indonesia tidak terdampak oleh krisis apapun secara global.

“Saya biasanya nyebut, yang diperlukan sekarang adalah namanya bahasa hamzah washal, itu huruf hamzah yang bisa menjadi untaian yang indah. Nah sekarang yang diperlukan adalah pengusaha-pengusaha yang menghubungkan antara produk-produk pertanian, perkebunan, kelautan dan pertambangan ini untuk diolah, di hilirisasi kemudian dijual dalam bentuk barang jadi dan setengah jadi ke luar negeri. Ini yang perlu banyak ya. Sehingga yang harus mengerjakan bangsa kita sendiri. Sehingga, saya percaya Japnas bisa melakukan itu semua,” katanya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini