Share

Tanpa Iuran Tambahan, Peserta BPJS Ketenagakerjaan Bisa Ajukan KPR Tenor 15 Tahun dan 30 Tahun

Feby Novalius, Okezone · Rabu 24 Agustus 2022 14:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 24 470 2653589 tanpa-iuran-tambahan-peserta-bpjs-kesehatan-bisa-ajukan-kpr-tenor-15-tahun-dan-30-tahun-PymOyoKKsW.png Peserta BPJS Ketenagakerjaan Bisa Ajukan KPR. (Foto: Okezone.com/Freepik)

JAKARTA - Peserta BPJS Ketenagakerjaan kini bisa mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) berbunga rendah. Hal tersebut usai PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) berkolaborasi dengan BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) menghadirkan manfaat layanan tambahan (MLT) bagi para pekerja.

Program ini pun mendapat dukungan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker). Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, MLT yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan berupa fasilitas pembiayaan perumahan atau manfaat lain dibiayai dari dana investasiĀ Jaminan Hari Tua (JHT). Jenis manfaat yang diberikan berupa pinjaman uang muka perumahan (PUMP), Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), Pinjaman Renovasi Perumahan (PRP) serta Kredit Konstruksi (KK) bagi Perusahaan Pembangunan Perumahan.

Baca Juga:Ā 6 Fakta Sulitnya Punya Rumah Gegara Bunga KPR Tinggi hingga Pilih Tinggal di Mertua

"Manfaat layanan tambahan ini dapat diperoleh seluruh peserta BP Jamsostek tanpa melakukan pembayaran iuran tambahan," ujarnya, Rabu (24/8/2022).

Sementara itu, Direktur Utama BTN Haru Koesmahargyo mengatakan, program KPR MLT BPJS Ketenagakerjaan disambut antusias. Hal ini terlihat dari realisasi KPR BPJS Ketenagakerjaan mulai November 2021 hingga Juli 2022 sudah ada 763 debitur dengan nilai pinjaman sebesar Rp188,7 miliar.

Baca Juga:Ā Backlog Rumah 12,75 Juta, Pondok Indah Mertua Jadi Pilihan Utama

"BTN sebagai bank khusus perumahan akan selalu memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia termasuk para pekerja untuk memiliki rumah impian," jelas Haru.

Seperti diketahui, peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa menikmati fasilitas Pinjaman Renovasi Perumahan (PRP), Pinjaman Uang Muka Perumahan (PUMP) dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Untuk fasilitas PRP, peserta bisa mengakses pinjaman hingga Rp200 juta yang dapat dimanfaatkan untuk renovasi rumah dengan jangka waktu paling lama 15 tahun.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Kemudian PUMP, peserta bisa mengajukan kredit hingga Rp150 juta yang dapat dipergunakan untuk uang muka atau down payment (DP). Sedangkan fasilitas KPR BPJS Ketenagakerjaan pinjamannya hingga Rp500 juta dengan jangka waktu maksimal 30 tahun.Ā Ā 

"Dengan suku bunga saat ini, peserta BP Jamsostek juga dapat menikmati bunga single digit, sehingga ini menjadi momentum yang tepat untuk memanfaatkan kredit untuk memiliki atau merenovasi rumah dari Bank BTN," terang Haru.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini