Share

Potret Kemiskinan Ekstrem di Kota Malang, Kelurahan Tanjungrejo Paling Parah

Avirista Midaada, Okezone · Kamis 25 Agustus 2022 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 25 320 2654235 potret-kemiskinan-ekstrem-di-kota-malang-kelurahan-tanjungrejo-paling-parah-h23a0xqFPM.jpg Menko PMK Minta Pemerintah Kota Malang Atasi Kemiskinan Ekstrem di Daerahnya. (Foto: Okezone.com/MPI)

MALANG - Kemiskinan ekstrem masih terdapat di tiga kelurahan dari 57 kelurahan di Kota Malang. Terbanyak memang berada di wilayah Kelurahan Tanjungrejo, Kecamatan Sukun, Kota Malang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Erik Setyo Santoso mengungkapkan, secara keseluruhan di Kota Malang hanya Kelurahan Tanjungrejo yang memiliki tingkat kemiskinan ekstrem terparah.

"Yang parah di sini memang, kalau kemiskinan ekstrem yang kita tinjau ada 6 KK (kepala keluarga)," ucap Erik Setyo, pada Kamis (25/8/2022).

Baca Juga: Cara BUMN Tekan Angka Kemiskinan RI

Erik menjelaskan, Pemkot Malang berupaya mengentaskan kemiskinan ekstrem sesuai arahan dari Menko PMK Muhadjir Effendy saat kunjungannya ke rumah warga dengan kategori miskin ekstrem, pada Rabu sore kemarin (24/8/2022). Namun pengentasan ini memerlukan sinergi program lintas perangkat daerah.

"Jadi pastinya dalam mengentaskan kemiskinan seperti ini melibatkan banyak sektor, melibatkan banyak urusan melibatkan banyak perangkat daerah, untuk acara terpadu melaksanakan seperti yang disampaikan oleh bapak Menko," ungkap dia.

"Termasuk pula dari sektor pendidikan, sanitasi, infrastruktur, ada banyak hal yang nanti juga termasuk pula akan melakukan pengkajian terkait pembangunan sekolah di tingkat menengah pertama," imbuhnya.

Baca Juga: Perbandingan Penduduk Miskin di Kota dan Pedesaan Indonesia

Terpisah, Lurah Tanjungrejo Mokhammad Dulajis mengakui di wilayahnya masih ada warga dengan kategori miskin ekstrem. Dimana secara kriteria mereka hanya memiliki penghasilan di bawah Rp 70.000, luas rumah di bawah 21 meter persegi, dengan alas tanah dan tembok serta atap yang tidak layak.

"Kalau di wilayah kami terutama ekonominya kebutuhan pokonya tidak dapat terpenuhi, kebutuhan yang sangat mendasar. Kemudian papan, kita lihat sendiri, saudara - saudara kita semuanya mendirikan tempat bangunan di atas lahan irigasi, itu salah satu faktornya. Makanya juga, dari ekonomi yang sangat rendah, sehingga kebutuhan pokoknya termasuk makan minumnya jelas ini memiliki kriteria di bawah standar," jelas Dulajis.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Selain di Kelurahan Tanjungrejo, ada dua kelurahan kainnya di wilayah Sukun yang terdapat di Kelurahan Karangbesuki, Kecamatan Sukun, dan Kelurahan Bunul, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

"Ada 4 KK, di RW 9, 10, 11, dua ada di Karang Besuki dan Bunul. Terbanyak ada di kelurahan ini di sini ada empat," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Menko PMK Muhadjir Effendy dibuat terkejut dengan masih adanya penemuan warga dengan kategori miskin ekstrem di Kota Malang, pada Rabu sore (24/8/2022), tepatnya di Kampung Semar RT 4 RW 13 Kelurahan Tanjungrejo, Kecamatan Sukun, Kota Malang.

Muhadjir Effendy bahkan langsung meninjau dan berkomunikasi dengan mereka. Hasilnya beberapa warga itu, bahkan ada yang belum mendapat bantuan. Dari sisi rumah tinggal pun dinilai tidak layak, dan perlu dilakukan rehabilitasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini