Share

7 Fakta Menarik Uang Rupiah Baru 2022, Ditolak di SPBU!

Shelma Rachmahyanti, MNC Media · Minggu 28 Agustus 2022 03:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 27 320 2655865 7-fakta-menarik-uang-rupiah-baru-2022-ditolak-di-spbu-IsXN57fmXJ.jpg Uang Rupiah Baru (Foto: Okezone)

JAKARTA – Pemerintah dan Bank Indonesia meluncurkan Rupiah kertas baru 2022. Ada 7 tujuh pecahan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 yang diluncurkan.

Ketujuh pecahan Uang TE 2022 tersebut secara resmi berlaku, dikeluarkan, dan diedarkan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bertepatan pada HUT-77 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2022.

Berikut fakta menarik uang Rupiah baru 2022 yang dirangkum Okezone di Jakarta, Minggu (28/8/2022).

1. Kecanggihan

- Mudah dikenali

BI meningkatkan kontras warna antar pecahan uang agar semakin mudah dibedakan kemudian menyeragamkan gambar watermark dengan gambar utama.

 2. Standarisasi Desain

Selain itu, BI melakukan standarisasi desain dan tata letak unsur pengamanan serta meningkatkan selisih ukuran panjang antar pecahan dari 2 mm menjadi 5 mm.

- Sulit dipalsukan

Penggunaan benang pengaman teknologi terkini (microlenses) sebagai best practice internasional diklaim akan lebih sulit untuk dipalsukan, BI juga melakukan penguatan teknologi tinta berubah warna dengan menambahkan fitur magnetic link dan memiliki efek gerak dinamis pada pecahan besar (OVMI) sebagai best practice internasional, penguatan unsur pengaman ultraviolet (UV) dengan perluasan sebaran luas area UV dan keragaman warna.

- Masa edar lebih lama

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Penggunaan teknologi coating untuk melindungi tinta agar tidak cepat pudar pada pecahan kecil Rp5.000, Rp2.000 dan Rp1.000 diklaim akan menambah lama masa peredaran pecahan uang tersebut.

3. Masyarakat Ramai-Ramai Tukar

Ratusan warga melakukan penukaran Rupiah tahun Emisi (TE) 2022. Warga Ambon antusias menukar uang Rupiah baru 2022 yang disediakan Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Maluku di Lapangan Merdeka Kota Ambon.

"Kita sudah set untuk penukaran hari ini sebanyak 200 orang, cuma kami melihat animonya lebih banyak sehingga kami akan membuka seluas-luasnya untuk masyarakat Ambon hari ini," kata Kepala Unit Pengelolaan Uang Rupiah BI Maluku A. Yazid dilansir dari Antara.

4. Warga Antre

Dia mengatakan ratusan warga antre untuk melakukan penukaran uang tersebut karena setiap orang ingin memiliki uang kertas baru tersebut.

5. Ditolak di SPBU

Viral video uang rupiah baru 2022 ditolak saat mengisi bensin di SPBU. Seorang warga mengeluhkan kalau uang rupiah pecahan baru ditolak saat melakukan transaksi pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM).

Dikutip dari video yang beredar di TikTok @sis1300417gmail.com, seorang bapak ini mengaku tak bisa membeli BBM dengan uang baru bernominal Rp50.000 itu.

Dia juga menjelaskan kalau kejadian penolakkan itu di Pertamina daerah Jalan Pagar Alam Kedaton, Bandar Lampung pada Sabtu (20/8/2022) pukul 13.45 WIB.

"Uang ini dinyatakan tidak berlaku saat saya beli minyak, padahal ini uang baru," bebernya.

"Sekali lagi saya mohon kepada Bank Indonesia, apakah uang ini berlaku atau tidak," ucapnya.

6. Transisi

Terakhir, dia menegaskan kalau SPBU itu menyebut uang tersebut tidak bisa digunakan untuk transaksi membeli BBM.

"Saya membeli minyak di salah satu pom bensin menggunakan uang ini namun tidak diterima," pungkasnya.

7. Ditolak ATM

Viral video yang memperlihatkan pecahan uang rupiah baru ditolak mesin ATM saat setor tunai.

Dikutip dari akun media sosial (medsos) TikTok @kangrija pada Rabu (24/8/2022), pengunggah video awalnya tengah mencoba untuk melakukan setor tunai uang rupiah baru pecahan Rp100.000.

Dia pun membawa beberapa lembar pecahan uang tersebut ke salah satu mesin ATM. "Coba setor tunai uang baru di ATM setor tunai," tulisnya di video itu.

Setelah uang tersebut dimasukkan ke mesin ATM, ternyata transaksi tak dapat dilanjutkan. Sehingga, pengunggah video diminta untuk mengambil kembali uang itu.

"Silahkan ambil uang anda," bunyi tulisan di mesin ATM tersebut.

Kemudian, uang yang telah dimasukkan pun keluar lagi. "Ternyata belum bisa," kata pengunggah.

Kejadian ini langsung viral dan dikomentari banyak netizen.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini