Share

6 Fakta Uang Rupiah Baru, Ditolak SPBU hingga Mesin ATM

Zuhirna Wulan Dilla, Okezone · Jum'at 26 Agustus 2022 19:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 26 320 2655310 6-fakta-uang-rupiah-baru-ditolak-spbu-hingga-mesin-atm-TwoYe5UF8U.JPG Fakta uang rupiah pecahan baru. (Foto: BI)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mengeluarkan uang Rupiah kertas baru Tahun Emisi (TE) 2022.

Dikutip dari keterangan BI, masyarakat dapat melakukan penukaran Uang Tahun Emisi 2022 melalui perbankan atau kas keliling yang disediakan Bank Indonesia.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pun telah resmi meluncurkan 7 pecahan uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022.

Ketujuh pecahan Rupiah ini diluncurkan sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 BACA JUGA:Uang Baru 2022 yang Sempat Viral karena Ditolak SPBU

"Peluncuran uang Rupiah ini merupakan wujud nyata komitmen kami bersama untuk menyediakan uang Rupiah yang berkualitas dan terpercaya kepada masyarakat sebagai simbol kedaulatan negara dan pemersatu bangsa. Kami ajak seluruh komponen masyarakat untuk cinta, bangga, dan paham Rupiah, mari terus kita kobarkan optimisme, semangat kebangsaan, dan komitmen untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat menuju Indonesia Maju," ujar Perry dalam acara Peluncuran Uang Rupiah Tahun Emisi 2022 di Jakarta, Kamis (18/8/2022).

Dirangkum Okezone, Jumat (26/8/2022), berikut fakta uang pecahan rupiah baru:

1. Daftar Pecahan Uang Baru

Uang TE 2022 terdiri atas pecahan uang Rupiah kertas Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2000, dan Rp1000.

Uang TE 2022 tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan, serta tema kebudayaan Indonesia (gambar tarian, pemandangan alam, dan flora) pada bagian belakang sebagaimana Uang TE 2016. Terdapat tiga aspek inovasi penguatan Uang TE 2022 yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

2. Cara Penukaran

Pemesanan penukaran melalui kas keliling dilakukan melalui aplikasi PINTAR yang dapat diakses melalui laman https://pintar.bi.go.id.

Adapun penukaran tersebut dapat diakses oleh masyarakat mulai tanggal 18 Agustus 2022 pukul 11.00 WIB dengan jadwal penukaran uang mulai tanggal 19 Agustus 2022.

3. Antusias Warga Tukar Uang Baru

Terlihat masyarakat antusias ingin memiliki uang Rupiah baru tahun emisi 2022 yang diluncurkan pemerintah dan Bank Indonesia. Masyarakat pun rela mengantri demi menukarkan uang lama dengan uang baru.

Seperti yang terjadi di Jalan Pemuda Kota Cirebon Jawa Barat. Ratusan warga nampak antri panjang di sebuah mobil kas keliling Bank Indonesia Kantor Wilayah Cirebon.

Antrian panjang warga tersebut, hingga mencapai sisi jalan pantura. Tidak sedikit mereka dari masyarakat yang mengaku sangat tertarik dengan tampilan uang kertas baru. Karena belum beredar, masyarakat mengaku uang baru tersebut sementara ini untuk dikoleksi.

"Saya di sini dari pagi, ya sekitar jam setengah sembilan lebih. Hanya mau nukar uang lama ke uang baru, penasaran bentuknya seperti apa. Sementara sih untuk disimpan dan dijadikan koleksi dulu, "kata Muhammad Reza, salah satu warga yang ikut mengantri.

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

4. Ditolak Pom Bensin

Seorang warga mengeluhkan kalau uang rupiah pecahan baru ditolak saat melakukan transaksi pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM).

Dikutip dari video yang beredar di TikTok @sis1300417gmail.com, seorang bapak ini mengaku tak bisa membeli BBM dengan uang baru bernominal Rp50.000 itu.

"Ini bila perlu didengarkan pemerintah atau Bank Indonesia (BI) khususnya, saya membeli minyak dengan uang baru ini tapi tidak berlaku di Pertamina," ujarnya.

Dia juga menjelaskan kalau kejadian penolakkan itu di Pertamina daerah Jalan Pagar Alam Kedaton, Bandar Lampung pada Sabtu (20/8/2022) pukul 13.45 WIB.

"Uang ini dinyatakan tidak berlaku saat saya beli minyak, padahal ini uang baru," bebernya.

Dia pun meminta agar BI segera memberi tanggapan soal kejadian ini.

"Sekali lagi saya mohon kepada Bank Indonesia, apakah uang ini berlaku atau tidak," ucapnya.

5. Ditolak Mesin ATM saat Setor Tunai

Baru-baru ini viral video yang beredar di media sosial (medsos) soal uang rupiah baru ditolak saat setor tunai di mesin ATM.

Kejadian ini dibagikan oleh akun TikTok @kangrija pada Rabu (24/8/2022), di mana uang baru pecahan Rp100.000 itu ditolak oleh mesin ATM.

Sehingga, pengunggah ini terpaksa mengambil kembali uangnya dan tak bisa melanjutkan proses setor tunai.

"Silahkan ambil uang anda," bunyi tulisan di mesin ATM tersebut.

Terlihat uang yang telah dimasukkan juga keluar lagi.

"Ternyata belum bisa," kata pengunggah.

6. BCA Buka Suara Soal Uang Rupiah Pecahan Baru

Terkait viralnya kabar itu, BCA buka suara dengan menyampaikan kalau sedang melakukan persiapan dari segi infrastruktur mesin ATM dan CRM untuk penyesuaian uang emisi baru tersebut.

"Kami akan segera menyampaikan ke masyarakat apabila uang baru rupiah sudah tersedia dan dapat dimanfaatkan oleh nasabah. Besar harapan kami, proses ini dapat segera selesai dan dapat memberikan layanan terbaik sejalan dengan visi BCA yang senantiasa memahami beragam kebutuhan nasabah dan memberikan layanan finansial yang tepat demi tercapainya kepuasan optimal bagi nasabah," ujar Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F. Haryn kepada Okezone pagi ini.

Dia pun memastikan kalau BCA mendukung dan terus berupaya agar dapat segera menyebarkan pecahan uang kertas baru tahun 2022 untuk nasabah tercinta.

"Hingga saat ini, kami berkoordinasi secara berkelanjutan dengan regulator perbankan terkait penyebaran pecahan uang kertas baru tahun 2022," pungkasnya.

1
4

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini