Share

10.000 Bus Listrik Transjakarta Bakal Wara-wiri pada 2030

Ikhsan Permana, MNC Portal · Senin 29 Agustus 2022 12:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 29 320 2656571 10-000-bus-listrik-transjakarta-bakal-wara-wiri-pada-2030-XMp8GuW5pD.jpg Bus Listrik Transjakarta. (Foto: Okezone.com/Instagram Anies)

JAKARTA - 10.000 bus listrik Transjakarta bakal wara-wari di jalanan Ibu Kota pada 2030. Namun demikian, saat ini juga sudah ada busa listrik Transjakarta yang sudah melayani penumpang.

Direktur Teknik PT Transjakarta Indrayana mengatakan, tahun ini Transjakarta sudah memulai dengan piloting, saat ini sudah ada di jalan-jalan kota Jakarta sebanyak 30 kemudian akan ditingkatkan sampai dengan akhir tahun kurang lebih akan mencapai 74 atau bahkan 100 unit bus listrik.

Baca Juga: Ada Pembangunan JPO, Halte Transjakarta Velbak Sementara Tidak Beroperasi

"Memang bila secara keseluruhan hanya merupakan 2% dari pada target keseluruhan bus yang diperkirakan akan mencapai 10.000 unit di tahun 2030," ujarnya dalam acara Konferensi Pers Jakarta Investment Forum, Senin (29/8/2022).

Saat ini pihaknya tengah menyiapkan strategi yang paling pas untuk melakukan elektrifikasi. Kemudian terkait dengan bagaimana infrastrukturnya pendukungnya seperti charging station.

Baca Juga: Ingat! Halte Transjakarta Velbak Kebayoran Baru Tutup Sementara Mulai Besok, Ini Alternatifnya

"Dalam hal ini charging station ada beberapa macam di antaranya adalah over night charging yang saat ini kami gunakan maupun nantinya ada di beberapa tempat," jelasnya.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Menurutnya, tidak hanya bus-bus baru yang nanti akan bertambah secara pesat namun juga Transjakarta akan melakukan proses konversi dari bus mesin konvensional menjadi bus listrik.

"Jadi bus yang ada yang kondisinya masih baik tidak akan dihilangkan begitu saja tapi akan kita lakukan proses untuk menjadi bus listrik," terangnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini