Share

Waskita Divestasi 2 Tol ke INA, Erick Thohir: Ini Bukti Infrastruktur Dibangun dengan Investasi tanpa Utang

Suparjo Ramalan, iNews · Selasa 06 September 2022 19:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 06 320 2662212 waskita-divestasi-2-tol-ke-ina-erick-thohir-ini-bukti-infrastruktur-dibangun-dengan-investasi-tanpa-utang-x1MpJDtjqK.jpg Waskita Divestasi Tol ke INA. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir menyambut baik penyelesaian transaksi PT Waskita Toll Road (WTR) dengan Indonesia Investment Authority (INA) terkait transaksi investasi terkait Ruas Tol Kanci-Pejagan dan Pejagan-Pemalang.

Kerjasama dan kesepakatan pencairan dana dari INA, melalui anak perusahaan yang sepenuhnya milik lembaga pengelola investasi Indonesia itu, yaitu PT Rafflesia Investasi Indonesia (RII) dan PT Abhinaya Investasi Indonesia (AII) membuat arus kas Waskita Karya semakin kuat untuk pengembangan proyek-proyek lanjutan.

Baca Juga: INA Resmi Caplok 2 Tol Milik Waskita Karya

"Dalam kondisi apapun, pembangunan infrastruktur harus terus berjalan. Dengan skema ini, kita membuktikan bahwa infrastruktur bisa dibangun dengan investasi, dan yang terpenting, tanpa utang. Jadi dari sisi posisi di neraca pun lebih baik, tidak menjadi beban perusahaan yang mendapat penugasan, seperti Waskita Karya group," ujar Erick, Selasa (6/9/2022).

Di tengah krisis global yang berpengaruh pada nilai tukar mata uang antar negara, lanjut Erick, pembangunan infrastruktur idealnya memang menggunakan dana investasi, dan tidak dari pinjaman.

Baca Juga: Tol Cijago Seksi Krukut-Limo Siap Beroperasi Awal 2023

Dia mengapresiasi keterlibatan banyak pihak yang berkolaborasi dan bersinergi untuk mendukung kapasitas dana, sehingga investasi INA berjalan maksimal dalam mempercepat infrastruktur jalan tol di tanah air.

Erick menilai kolaborasi dengan INA dapat memastikan aset-aset BUMN yang diinvestasikan, baik dari dana pemerintah atau hasil aksi korporasi, bisa dipolarisasi dengan baik.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Dan ini tentu bagian yang berkelanjutan dimana kita akan mendorong semakin banyak aset-aset BUMN supaya bisa terbuka, transparan dan dilakukan secara mekanisme pasar," kata dia.

Menurutnya, investasi bagian dari kredibilitas agar investor percaya terjadi pertumbuhan ekonomi yang baik di Indonesia.

“Kami di Kementerian BUMN akan mendorong terus penyehatan yang ada di BUMN-BUMN Karya, dan kita juga sudah bisa membuktikan bahwa infrastruktur memang investasi yang memerlukan waktu untuk recover. Jadi, bukan seperti yang selalu dipersepsikan, bahwa investasi jalan tol yang mangkrak. Tidak seperti itu," ungkapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini