Share

JPMorgan Akuisisi Fintech Renovite, Mau Bisnis Pinjol?

Fayha Afanin Ramadhanti, Okezone · Senin 12 September 2022 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 12 278 2665801 jpmorgan-akuisisi-fintech-renovite-mau-bisnis-pinjol-IEZMrAuxhj.jpg JPMorgan Chase akuisisi Renovite. (Foto: Freepik)

JAKARTA - JPMorgan Chase telah setuju untuk mengakuisisi startup pembayaran bernama Renovite.

Dikutip CNBC, hal ini dilakukan untuk mencegah ancaman dari perusahaan fintech termasuk Stripe dan Block.

Bank, pemain utama di arena pembayaran global, mengatakan bahwa mengakuisisi Renovite yang berbasis di Fremont, California akan mempercepat kemampuannya dalam meluncurkan penawaran baru kepada pedagang.

Sementara JPMorgan adalah penyedia layanan pedagang terbesar di dunia berdasarkan volume transaksi.

 BACA JUGA:JP Morgan Apresiasi Pertamina, Soal Apa Ya?

Dia termasuk ke dalam layanan baru yang cepat berkembang, termasuk Stripe dan Block yang telah naik peringkat dalam beberapa tahun terakhir, berkat penjualan e-niaga yang booming dan proliferasi metode pembayaran baru.

Mengakuisisi pedagang sangat penting, penyedia di belakang layar yang memungkinkan penjual menerima pembayaran langsung dan online, menjaga kesalahan kecil dari setiap transaksi.

“Meskipun telah mengoperasikan pembayaran besar yang memproses lebih dari USD9 triliun setiap hari di beberapa bisnis, pendapatan yang diperoleh pedagang JPMorgan sebagian terhenti di tahun lalu karena tertinggal di beberapa segmen e-commerce dan mereka menawarkan lebih sedikit layanan dibandingkan dengan beberapa pesaing fintech,” kata kepala pembayaran global Takis sekaligus investor, Georgakopoulos, dalam konferensi di bulan Mei lalu.

“Mengubah gambaran itu adalah cerita besar di balik investasi kami,” Ungkap Gergakopoulos.

Akuisisi Renovite, yang dilaporkan pertama kali oleh CNBC, adalah yang terbaru dari serangkaian kesepakatan fintech yang dibuat di bawah CEO Jamie Dimon.

Sejak akhir 2020, JPMorgan telah mengakuisisi setidaknya lima startup, dari platform investasi ESG hingga roboadvisor yang berbasis di Inggris, selain itu mereka juga melakukan serangkaian investasi fintech yang lebih kecil.

Dimon telah berulang kali memperingatkan tentang ancaman yang ditimbulkan oleh pemain fintech terhadap bank tradisional, terutama dalam permainan pembayaran yang sangat kompetitif.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Pemain Fintech telah menggunakan pemrosesan pembayaran untuk pedagang sebagai irisan untuk membantu mereka membangun ekosistem yang telah mengumpulkan penilaian yang menarik.

Mereka juga umumnya lebih gesit dalam mengaktifkan metode pembayaran baru seperti penawaran dari Klarna dan Affirm.

Dimon telah dipaksa untuk mempertahankan kenaikan biaya banknya tahun ini, karena membajak miliaran dolar ke dalam teknologi di tengah kemerosotan saham 25% dan juga didorong oleh kekhawatiran resesi.

Kesepakatan Renovit, untuk persyaratan yang tidak dapat ditentukan, menunjukkan bahwa CEO lama tidak terpengaruh oleh kekhawatiran bahwa dia telah menghabiskan terlalu banyak uang untuk teknologi.

Dari uji coba hingga pengambilalihan JPMorgan menjalankan uji coba dengan Renovite sebagai vendor musim gugur yang lalu, tetapi ia cukup terkesan dengan produk startup — terutama sakelar berbasis cloud yang merutekan pembayaran ke berbagai penyedia — sehingga memutuskan untuk mengakuisisi perusahaan secara langsung, menurut Kepala Teknologi Pembayaran, Mike Blandina.

Sifat plug-and-play dari platform sakelar memungkinkan JPMorgan untuk menambahkan opsi pembayaran baru dalam waktu yang sangat singkat.

"Karena memerlukan pengkodean yang jauh lebih sedikit,” katanya dalam sebuah wawancara.

“Klien kami sangat menghargai pilihan; mereka ingin menawarkan banyak metode pembayaran yang berbeda kepada klien mereka, apakah itu Visa, MasterCard, tetapi juga beli-sekarang, bayar-nanti, dan lainnya,” kata Kepala Solusi Pembayaran dan Perdagangan Perusahaan Global, Max Neukirchen.

Dia juga menyebut kemampuan untuk mengaktifkan metode pembayaran khusus negara ini juga membantu kami dalam ekspansi geografis.

"Karen kami tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk membangun metode pembayaran lokal,” tambahnya.

Sementara JPMorgan sering merasa puas bermitra dengan fintech dan mengambil saham yang relatif kecil di dalamnya.

"Bank merasa bahwa produk Renovite terlalu penting untuk tidak dimiliki,” kata Neukirchen.

“Bank juga menginstruksikan sekitar 125 insinyur perusahaan, yang berlokasi di India dan Inggris, untuk membantu JPMorgan dalam peta jalan produknya,” tambahnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini