Share

Keren! RI Punya Bendungan Terbesar di Asean

Suparjo Ramalan, iNews · Kamis 15 September 2022 16:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 15 470 2668338 keren-ri-punya-bendungan-terbesar-di-asean-R4z8qEm4di.jpeg Pembangunan bendungan terbesar di Asean (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Bendungan Semantok Nganjuk Jawa Timur akan diresmikan dalam waktu dekat. Proyek Strategis Nasional (PSN) ini akan menjadi bendungan terbesar di Asean.

PT Brantas Abipraya (Persero) memperkirakan proses konstruksi rampung pada Desember 2022. Bendungan tersebut nantinya menjadi bendungan terpanjang di Asean . Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya, Miftakhul Anas mengatakan saat ini konstruksi pada tahap akhir, di mana dilakukan penyempurnaan konstruksi.

โ€œDengan hadirnya Bendungan Semantok ini nantinya dapat mereduksi risiko banjir 137 meter kubik per detik. Brantas Abipraya optimis dapat menuntaskan bendungan ini segera dan diresmikan,โ€ ungkap Miftakhul Anas, Kamis (15/9/2022).

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Bendungan bertipe urugan random tanah tipe zonal dengan inti tegak ini memiliki tinggi 38,5 meter. Nantinya pun bendungan ini dapat menampung air dengan total volume tampung 32,67 juta meter kubik dan luas area genangan 365 hektar, sehingga nantinya saat musim kemarau bendungan ini dapat menyuplai air.

"Ini dapat meningkatkan produktivitas pertanian, karena dapat mengairi irigasi ke hampir 1.900 hektar lahan sawah," katanya.

Bendungan Semantok menjadi pengendali banjir, karena daya tampungnya yang besar membuat bendungan dapat menahan air yang berlimpah saat musim hujan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini