Share

Mentan Syahrul Yasin Limpo Yakin RI Bisa Swasembada Jagung di 2023

Avirista Midaada, Okezone · Jum'at 16 September 2022 18:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 16 320 2669155 mentan-syahrul-yasin-limpo-yakin-ri-bisa-swasembada-jagung-di-2023-MZhLxCBHWj.jpg Mentan Syahrul Yasin Limpo pede RI swasembada jagung 2023 (Foto: Avirista)

KOTA BATU - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pede Indonesia bisa swasembada jagung tahun depan. Menurutnya, tingkat produksi jagung di Indonesia sudah sebagian besar terpenuhi oleh produksi dalam negeri.

Dia merinci, saat ini sebagian kebutuhan jagung Indonesia masih disuplai dari pasar impor. Tetapi hanya sekitar 20% - 30% dari kebutuhan nasional.

"Kita mengimpor jagung itu 800 ribu ton per tahun. Tinggal dihitung, dari 200 ribu hektare lahan, tinggal dibagi di KTNA. Siapa yang menanggung berapa, kita coba untuk menjaga secara bersama. Kalau seperti itu, kita akan swasembada," ucap Syahrul saat ditemui wartawan di Balai Kota Among Tani, Batu, Jumat (16/9/2022).

Swasembada jagung di 2023 disebut menteri berusia 67 tahun ini bukanlah hal yang mustahil. Apalagi dengan kondisi alam dan geografis Indonesia yang kaya serta subur.

"Kita harus bisa merasa optimistis. Negara lain bisa, kurang apa alam kita. Sekarang kita mau tidak untuk bekerja secara bersama-sama," ungkap pria kelahiran Makassar ini.

Bila petani mengalami kendala permodalan untuk pengembangan, pihaknya berkomitmen akan memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang bisa dimanfaatkan oleh para petani.ya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Kalau nggak punya modal pakai KUR Kredit Usaha Rakyat untuk petani. Di 2021 ini kita targetkan KUR sebesar Rp 71 triliun," ucapnya.

Dengan dorongan tersebut target swasembada jagung ditargetkan bisa direalisasikan, seperti halnya swasembada beras yang sudah berjalan tiga tahun terakhir sejak 2020 hingga 2022.

"Tahun depan bukan hanya beras yang swasembada, jagung juga harus swasembada," tandasn

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini