Share

4 Fakta Listrik PLN, Daya 450 VA Tidak Dihapus dan Tarif Tak Naik

Clara Amelia, Okezone · Senin 19 September 2022 03:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 18 320 2669818 4-fakta-listrik-pln-daya-450-va-tidak-dihapus-dan-tarif-tak-naik-becVYEVwKk.jpg Golongan 450 VA Tidak Akan Dihapus. (Foto: Okezone.com/PLN)

JAKARTA - PT PLN (Persero) menegaskan beberapa hal terkait sejumlah isu yang beredar beberapa hari terakhir. Pertama, tidak ada penghapusan golongan pelanggan dengan daya 450 VA.

Kedua, daya listrik tidak akan dinaikkan menjadi 900 VA. Dan ketiga tidak akan ada perubahan tarif dasar listrik.

Baca Juga: 6,1 Juta Orang Kaya Nikmati Subsidi Listrik

Okezone pun merangkum fakta-fakta menarik terkait listrik PLN, Senin (19/9/2022):

1. Tidak ada pengalihan daya

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengungkapkan bahwa selama ini, Pemerintah dan PLN sebagai pelaksana mandat ketenagalistrikan tidak pernah melakukan pembicaraan ataupun diskusi mengenai perubahan daya listrik masyarakat.

Baca Juga: Tok! Tidak Ada Penghapusan Golongan Listrik 450 VA

“Keputusan Pemerintah sudah sangat jelas. Tidak ada perubahan daya dari 450 VA ke 900 VA dan PLN siap menjalankan keputusan tersebut," kata dia.

2. Tidak ada penghapusan daya

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan bahwa tidak ada penghapusan 450 VA.

"Itu tidak ada," tegasnya.

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

3. Tarif listrik tidak niak

Tarif listrik Oktober hingga Desember 2022 dipastikan tidak naik. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menegaskan tak akan melakukan penyesuaian tarif listrik pada bulan Oktober hingga Desember atau kuartal IV 2022 ini.

"Enggak (naik)," kata Menteri ESDM Arifin Tasrif

4. Lindungi Pelanggan

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menegaskan, PLN terus berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pemerintah untuk melindungi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan listrik.

PLN memastikan pelayanan kelistrikan di Tanah Air tetap andal dan optimal, sehingga perusahaan pelat merah itu berupaya menjaga produktivitas dan daya beli masyarakat dalam masa pemulihan ekonomi di tengah meningkatnya harga komoditas energi dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini