Share

Ditemukan Banyak Artefak Kolonial Belanda di Proyek MRT, Ini Penampakannya

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Selasa 20 September 2022 17:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 20 320 2671459 ditemukan-banyak-artefak-kolonial-belanda-di-proyek-mrt-ini-penampakannya-Pz1PMB8vCy.jpg Ditemukan Artefak di Proyek MRT. (Foto: Okezone.com/MPI)

JAKARTA - Proyek MRT terus dikerjakan. Bahkan dalam pengerjaan rute Glodok-Kota ditemukan artefak peninggalan zaman kolonial.

Pantauan MNC Portal Indonesia di proyek MRT CP203 (Glodok-Kota), Selasa (20/9/2022), terlihat saluran air atau terakota peninggalan Belanda berupa pipa dilapisi batu bata tebal.

Baca Juga: Begini Penampakan Artefak Saluran Air Era Kolonial di Lokasi Proyek MRT Glodok-Kota

Di utara proyek MRT CP203 juga ditemukan tumpukan terakota yang siap diangkat dan dipindahkan sementara ke dekat Stasiun Jakarta Kota atau Beos.

artefak

Kemudian dibagian tengah terlihat potongan terakota lengkap dengan pipa dan batu bata zaman kolonial pun siap diangkat.

Sementara itu sisi selatan proyek MRT CP203 atau tepatnya dekat Pasar Glodok terlihat sejumlah pekerja tengah membersihkan terakota dan berusaha untuk diangkat.

Baca Juga: 3 Jasa Transportasi di Jakarta yang Lebih Murah dari Ojol, Apa Saja?

Direktur Utama (Dirut) PT MRT Jakarta Mohamad Aprindy mengungkap ada temuan artefak zaman kolonial Batavia dan Sunda Kelapa di lokasi pembangunan MRT Fase 2 Bundaran HI-Kota. Menurutnya hal itu menjadi tantangan tersendiri dalam pembangunan MRT Fase 2.

"Tantangan berikutnya adalah yang mendapingi kami badan arkeologi nasional untuk membantu kami karena banyak temuan di fase dua ini temuan temuan artefak lama ada dari zaman batavia, sunda kelapa," kata Aprindy saat jumpa pers di Kantor MRT Jakarta, Wisma Nusantara, Menteng, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sebagai informasi, untuk pengerjaan di MRT CP203, sudah mencapai 16,13%. Kemudian CP205 Bundaran HI-Kota.

PT MRT Jakarta (Perseroda) menargetkan pembangunan dan operasional MRT Fase 2A segmen 1 Bundaran Hotel Indonesia-Harmoni selesai 2025. Sedangkan untuk Fase 2 segmen 2 Harmoni-Kota pada 2028.

"Untuk segmen satu, kami masih menargetkan penyelesaian pembangunan dan operasinya di tahun 2025. Sedangkan untuk yang sampai ke Kota itu sampai di tahun 2028," kata Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta (Perseroda) Silvia Halim dalam Forum Jurnalis MRT Jakarta di Wisma Nusantara, Jakarta Pusat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini