Share

Erick Thohir: Listrik Jantung Ekonomi Nasional

Suparjo Ramalan, iNews · Kamis 22 September 2022 11:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 22 320 2672598 erick-thohir-listrik-jantung-ekonomi-nasional-LVMvXbxkBQ.jpg Listrik jadi jantung pertumbuhan ekonomi nasional (Foto: Okezone)

JAKARTA – Menteri BUMN Erick Thohir menyebut listrik adalah jantung pertumbuhan ekonomi nasional. Unti itu, sistem kelistirkan harus diperkuat melalui PT PLN (Persero).

Erick mencatat arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa Indonesia menuju sebagai negara industrialisasi. Pada aspek ini, seluruh sektor industri membutuhkan listrik untuk mendorong operasional bisnisnya. Dengan begitu, akan memberi kontribusi bagi ekonomi Indonesia.

"Artinya ini menjadi bagian penting dari kebangkitan industri Indonesia dan juga impact-nya kepada pertumbuhan ekonomi dan pembukaan lapangan pekerjaan, dan juga pemasukan kepada fiskal negara," ungkap Erick dalam konferensi pers di kantor Pusat PLN, dikutip Kamis (22/9/2022).

Selain Indonesia akan menjadi negara industrialisasi, Erick juga menekan pentingnya Eco-lifestyle. Sebuah konsep kehidupan yang menekan arti penting ramah lingkungan dengan mengurangi penggunaan sumber daya alam secara berlebihan.

Erick mencatat ada sebuah tuntutan besar terhadap Indonesia untuk merealisasikan secara penuh konsep Eco-lifestyle tersebut. Artinya, cadangan sumber daya energi fosil terbatas, beremisi tinggi dan biaya mahal, maka perlu adanya kegiatan diversifikasi sumber daya energi agar ketersediaan energi untuk publik bisa terjamin.

"Ayo kita bersama-sama berkolaborasi, karena memang ada tuntutan kita Indonesia ataupun PLN bisa mengantisipasi namanya industrialisasi dan Eco-lifestyle yang terjadi di Indonesia dengan penduduk yang sangat besar," ujar dia.

Dia mengingatkan bahwa transformasi tidak hanya berada pada konteks transformasi bisnis PLN dengan memperkuat lini bisnisnya, tetapi transformasi untuk kesejahteraan rakyat dan mendorong agar Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat besar secara ekonomi.

"Bagaimana sekarang energi menjadi bagian mendorong industrialisasi yang hijau, karena nanti di seluruh dunia bicara ekonomi. Artinya apa di semua sendi kehidupan listriknya harus hijau dan ini nggak main-main," tutur Erick.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini