Share

Kompor Listrik Bukan Inisiatif PLN, Wamen BUMN: Kolaborasi Antar Kementerian

Suparjo Ramalan, iNews · Kamis 22 September 2022 14:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 22 320 2672840 kompor-listrik-bukan-inisiatif-pln-wamen-bumn-kolaborasi-antar-kementerian-Z3FAQwmR8p.jpg Konversi kompor elpiji ke listrik (Foto: Okezone)

JAKARTA – Program konversi kompor elpiji menjadi kompor listrik muncul bukan hanya karena inisiatif PLN. Wakil Menteri BUMN Pahala Nugraha Mansury mengatakan, program tersebut diinisiasi oleh sejumlah kementerian teknis.

Dia mengatakan ada keterlibatan sejumlah kementerian dalam program kompor listrik. Karena itu, program yang digadang-gadang mampu menekan impor LPG ini harus didukung penuh.

"(Program kompor listrik) itu bukan sesuatu hal yang dilakukan sendiri oleh PLN, tetapi merupakan inisiatif di berbagai kementerian," ujar Pahala usai peluncuran produk unggulan dari Indonesia Plantation and Forestry Research Institute (IPFRI) di Agro Plaza, Kamis (22/9/2022).

Pahala mencatat sinergitas ini juga telah dibahas dalam rapat koordinasi terbatas (rakortas) antar kementerian dan lembaga. Dengan sinergitas tersebut, Pahala meyakini konversi ke kompor listrik akan berjalan dengan baik.

"Kami berharap melalui optimalisasi penggunaan kompor listrik yang akan dimulai melalui sebuah pilot tahun ini dengan target sekitar 300 ribu rumah tangga, semoga bisa sukses," kata dia.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan pemerintah akan menambah anggaran hingga Rp5 triliun. Dana tersebut bakal dialokasikan untuk pembagian kompor listrik atau induksi secara gratis.

Dalam skemanya, pembagian kompor listrik tidak dilakukan secara serentak. Melainkan bertahap hingga lima tahun ke depan. Program pemerintah bagi-bagi kompor gratis ini mulai dilakukan tahun depan.

Adapun penggunaan kompor listrik masuk dalam program utama PLN. Program tersebut diharapkan mampu mengatasi persoalan over supply listrik, bahkan mengurangi beban Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dikarenakan impor LPG.

“Pemerintah (rencananya) tahun depan akan menambah lagi Rp5 triliun untuk membagikan kompor listrik (secara gratis) selama lima tahun ke depan," ujar Erick di Amsterdam, Belanda.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini