Share

To The Moon, Ini yang Membuat Ekonomi RI Lebih Baik Dibanding Negara Lain

Ikhsan Permana, MNC Portal · Jum'at 23 September 2022 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 23 320 2673516 kinerja-ekonomi-ri-disebut-lebih-baik-dibanding-negara-lain-kok-bisa-fOot24R4aG.JPG Ilustrasi ekonomi RI. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Kinerja ekonomi Indonesia disebut masih lebih baik dibandingkan dengan banyak negara lain.

Kepala Riset Makroekonomi Bank Mandiri Dian Ayu Yustina mengatakan kinerja ekonomi Indonesia relatif bagus pada tahun ini sebab memiliki benefit dari komoditi.

"Kita diuntungkan ya memiliki benefit dari komoditi ya karena kita eksporter komoditi kita jadi punya yang namanya wind fall komoditi," kata Dian dalam program Market Review di IDX Channel, Jumat (23/9/2022).

 BACA JUGA:Transformasi Himbara Dongkrak Kinerja Ekonomi Indonesia

Dia menjelaskan dengan keuntungan tersebut, akibatnya pemerintah memiliki semacam bantalan untuk menunda menaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

"Padahal di negara lain kenaikan harga BBM sudah sangat tinggi karena harga energi memang naik akibat konflik di Rusia dan Ukraina," jelasnya.

Dia menambahkan, walaupun pada akhirnya pemerintah melakukan adjustment, tapi variabel inflasi masih relatif rendah dibandingkan dengan negara-negara lain.

"Misalnya negara-negara maju itu level inflasinya udah di kisaran 8%, 9%, artinya sulit menurun, sulit terjadi penurunan di situ, sementara kalau kita, kita masih di kisaran terakhir di 4,9%," terangnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini