Share

Pengumuman! LPG 3 Kg Diganti ke Kompor Listrik Tak Dilakukan Tahun Ini

Antara, Jurnalis · Jum'at 23 September 2022 18:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 23 320 2673830 pengumuman-lpg-3-kg-diganti-ke-kompor-listrik-tak-dilakukan-tahun-ini-RPjRBCWTwD.jpg Menko Airlangga Hartarto. (Foto: Kemenko)

JAKARTA - Pemerintah memastikan program konversi kompor LPG 3 kilogram (kg) ke kompor listrik tidak akan diberlakukan pada tahun 2022.

"Dapat saya sampaikan bahwa pemerintah belum memutuskan terkait program konversi dari kompor LPG 3 kg menjadi kompor listrik induksi," ujar Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers terkait Program Konversi Kompor LPG 3 kg ke Kompor Indukai Listrik yang dipantau secara daring di Jakarta, Jumat (23/9/2022).

Dia pun menjelaskan kalau pemerintah terus memantau dan menghargai masukan dari masyarakat.

 BACA JUGA:Konversi LPG 3 Kg, Pemerintah Buka Peluang Impor Kompor Listrik

Dia juga telah melihat langsung kondisi di lapangan terkait dengan konversi dari kompor LPG 3 kg menjadi kompor listrik induksi.

Kemudian, dia menyebut pembahasan anggaran dengan Dewan Perwakilan Rakyat IDPR) terkait dengan program konversi kompor LPG 3 kg ke kompor listrik induksi tersebut belum dibicarakan dan belum disetujui.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Sistem Penyaluran BLT BBM yang Dijalankan Sudah Bagus

Sehingga program kompor listrik induksi kini sifatnya masih merupakan uji coba atau prototipe sebanyak 2.000 unit dari rencana 300 ribu unit yang akan dilaksanakan di Bali dan Solo (Jawa Tengah).

"Hasil dari uji coba ini akan dilakukan evaluasi dan perbaikan-perbaikan," jelasnya.

Dia menambahkan pemerintah akan menghitung dengan cermat segala biaya dan risiko, memperhatikan kepentingan masyarakat.

Serta mensosialisasikan kepada masyarakat sebelum program konversi kompor LPG 3 kg ke kompor listrik induksi diberlakukan.

Diketahui, konversi kompor LPG 3 kg ke kompor listrik induksi dilakukan untuk mendukung program pemerintah terkait ketahanan energi nasional melalui program pengalihan energi berbasis impor menjadi energi berbasis domestik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini