Share

Pertalite Dituding Lebih Boros Usai Harga Naik, BPH Migas Beri Penjelasan Ini

Rizky Fauzan, MNC Portal · Kamis 13 Oktober 2022 16:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 13 320 2686538 pertalite-dituding-lebih-boros-usai-harga-naik-bph-migas-beri-penjelasan-ini-KJxvDAdmGd.jpg Pertamina. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) menjelaskan soal isu yang beredar terkait kualitas Pertalite yang dinilai turun.

Anggota Komite BPH Migas Saleh Abdurrahman mengatakan bahwa kualitas dan spesifikasi BBM jenis RON 90 atau Pertalite sudah teruji.

Menurutnya, isu turunnya kualitas BBM Pertalite yang beredar di lapangan dipastikan tidak benar.

Saleh menuturkan, pihaknya membantah dengan tegas isu turunnya kualitas BBM yang beredar itu.

 BACA JUGA:Pertalite Disebut Lebih Boros Setelah Harganya Naik, Ini Kata BPH Migas

BPH Migas sudah berkoordinasi dengan PT Pertamina (Persero) perihal isu turunnya kualitas BBM Pertalite tersebut.

Sejatinya, Pertamina sudah memiliki ketentuan dan tidak akan mengeluarkan produk yang menyimpang dari ketentuan.

"Itu kan sudah diatur di keputusan Dirjen Migas ya, tentang standar kualitas. Jadi jenis BBM yang boleh beredar di Indonesia ada kriteria yang harus diikuti," ujar Saleh dalam acara Forum Monitor Pengaturan BBM Subsidi untuk Keadilan Masyarakat, Sudah Tepatkah? pada Kamis (13/10/2022).

Saleh membeberkan bahwa pengecekan ke Pertamina sudah dilakukan dan tidak ditemukan adanya perbedaan kualitas produk di kilang yang dulu dengan sekarang.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Isu mengenai BBM yang lebih cepat habis sudah diklarifikasi dengan pengujian sesuai standar oleh Pertamina.

"Jadi sekali lagi, saya pikir sudah dijawab Pertamina bahwa kualitas produk Pertalite yang dijual setahun yang lalu, enam bulan yang lalu, hari ini, itu sama. Harus mengikuti standar spesifikasi yang ditentukan oleh Pemerintah, dalam hal ini kementerian ESDM," bebernya.

Sebagaimana diketahui, Lembaga Penelitian dan Pengembangan Industri Minyak dan Gas Bumi (Lemigas) pun melakukan pengujian untuk menanggapi keluhan tersebut.

“Terkait adanya isu BBM jenis Pertalite menjadi lebih boros pasca penyesuaian harga, Pemerintah telah meminta Lemigas untuk melakukan pengujian secara teknis terkait standar dan mutu dari Pertalite,” ujar Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji, sebagaimana dikutip dari laman resmi Lemigas ESDM.

Sementara itu, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting turut tegaskan standar dan mutu pertalite yang dipasarkan melalui lembaga penyalur resmi di Indonesia sesuai dengan Keputusan Dirjen Migas Nomor 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) BBM RON 90 yang Dipasarkan Di Dalam Negeri.

"Pertamina mengimbau agar konsumen melakukan pembelian BBM di lembaga penyalur resmi, seperti SPBU dan Pertashop, agar produk BBM yang didapatkan terjamin kualitas dan keamanannya," kata Irto.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini