Share

Hadapi Ketidakpastian, Ini Tips Sandiaga Uno untuk Para Pelaku Usaha hingga Generasi Muda

Shelma Rachmahyanti, MNC Media · Minggu 16 Oktober 2022 22:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 16 320 2688244 hadapi-situasi-ketidakpastian-ini-tips-sandiaga-uno-untuk-para-pelaku-usaha-hingga-generasi-muda-38yjhHiepH.jpg Menparekraf Sandiaga Uno (Foto: Kemenparekraf)

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno memberikan sejumlah tips bagi para pelaku usaha dan generasi muda dapat bertahan dan sukses dalam menghadapi situasi ketidakpastian, krisis energi & pangan serta, dinamika geo politik global.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno saat menjadi keynote speaker dalam Presidensial Summit Genpro 2022 'Meningkatkan Peluang Bisnis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Daerah Pasca Pandemi' di Bidakara Jakarta Selatan, Minggu (16/10/2022) yang diadakan Badan Pengurus Pusat Genpro Indonesia Berdaya.

Sandiaga Uno mengungkapkan era saat ini banyak analisis dari analisa ekonomi yang memprediksi 82 persen akan ada resesi pada 2023. Oleh sebab itu Sandiaga Uno mengajak pelaku usaha dan generasi muda untuk mengambil peluang membuka usaha sejak saat ini.

"Mulai usaha saat orang-orang takut dengan kegelapan dunia usaha. Dan saat inilah yang terbaik untuk mengambil peluang," ujar Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno kemudian membacakan sebuah pantun:

Pergi liburan ke Bengkulu

Hendak melihat bunga Raflesia

Ayo Genpro kolaborasi selalu

Bangkitlah pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

"Saya selalu bilang ya, pantun ini adalah warisan tak benda, yang di share antara Indonesia dan Malaysia sudah diakui Unesco pada 2020 lalu. Jika tidak digunakan kita akan kehilangan. Sama seperti menggunakan batik, menjadi bagian dari kearifan kebudayaan kita," ujar Sandiaga Uno.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Ia bercerita bahwa dirinya telah menjadi entrepreneur 25 tahun dan sudah lima tahun terakhir masuk ke pemerintahan pada 2017 silam di DKI Jakarta.

"Hari ini, tepat lima tahun lalu kami di bawa bertugas ke Balaikota DKI Jakarta. Dan tepat hari ini saya melihat dari kejauhan terharu, lima tahun telah selesai. Meskipun itu bagian dari masa lalu tapi saya ikut bangga, Jakarta telah bertransformasi menjadi maju kotanya dan bahagia warganya," ungkap Sandiaga Uno.

Dari data yang ia miliki lebih dari 65 persen masyarakat Jakarta menyatakan kehidupannya lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Sandiaga Uno mengaku pagi tadi dia baru saja berlari sejauh 10 kilometer di Jakarta Marathon 2022. Sandiaga Uno mengungkapkan ada filosofi bisnisnya dalam berlari.

"Lari mengajarkan empat filosofi, kehidupan adalah penuh dengan persiapan-persiapan, karena kita tidak pernah tahu kapan peluang itu diberikan Tuhan kepada kita. Saya mempersiapkan diri, apakah akan ada di sisi dunia usaha ataupun peluang lain. Jadi lari mengajarkan saya untuk selalu bersiap-siap, streching, latihan, dan lain sebagainya," jelas Sandiaga Uno.

Hal tersebut, kata Sandi, mengajarkan jika pelaku usaha tidak memiliki keteguhan dan persiapan yang baik maka mereka tidak akan mampu menjalankan usahanya dengan baik.

"Jika ingin menjadi pengusaha sukses harus memiliki kecepatan, gerak cepat. Di lari kita juga diajarkan untuk berlari secara cepat," kata Sandiaga Uno.

Ia menyebutkan kembali bahwa melihat saat waktu ini mirip-mirip tahun 1996-1997, dimana akan terbuka banyak peluang usaha di era bergejolak, ketidakpastian, kompleksitas, dan ketidakjelasan. Justru saat seperti ini yang dikatakan Sandiaga Uno sebagai waktu terbaik untuk mengambil peluang.

"Teamwork. Tidak ada superman, yang ada super team. Jika ingin sukses kita harus investasi ke people sebelum kita invest ke aset dan kantor. Berlari selalu mengajarkan untuk team work. Berlari sendiri memang bisa, tapi kita harus bisa membangun team agar bisa mendapatkan prestasi yang lebih baik," tutur Sandiaga Uno.

Dalam bisnis kata Sandi, pelaku usaha harus bernafas panjang. "Jangan hanya jago lari sprint, harus bisa lari marathon, karena akan ada posisi seperti roda kadang di atas dan di bawah, kalau kita tidak punya endurance, kita akan cepat capek dan tidak akan mampu untuk mendapatkan kesempatan membangun usaha yang kuat," terang Sandi.

Neraca pariwisata Indonesia disebutkannya saat ini menunjukkan kinerja yang baik. Posisi Indonesia loncat 12 peringkat mengungguli Malaysia, Vietnam dan Thailand. Namun, Indonesia masih defisit, lebih banyak orang kita yang keluar daripada yang masuk ke dalam.

"Saya mengusulkan, jika kita ingin keluar negeri boleh saja saya tidak melarang. Tapi kunjungi destinasi destinasi luar biasa terlebih dahulu di dalam negeri. Seperti di kota Kendari ada wisata luar biasa dan sangat indah di desa wisata Moramo di Konawe Selatan. Itu seperti sesuatu yang keajaiban, sekeping surga yang ada di Moramo," jelasnya.

Indonesia kata mantan Wagub DKI Jakarta tersebut juga punya ekonomi kreatif yang luar biasa, posisi kita sekarang tiga besar dunia setelah Amerika Serikat dan Korea. Mereka punya Holywood, K-Pop dan lain sebagainya. Ekonomi kreatif Indonesia saat ini kata Sandi memiliki kontribusi terhadap GDP ada di posisi ketiga dengan 7,5 persen.

"Semakin berkembang kuliner, muslim fashion, dan kerajinan tangan. 75 persen ekonomi kreatif kita ada disini. Tapi 25 persen lainnya akan bertumbuh dengan cepat karena berhubungan dengan ekonomi digital," lanjutnya.

Roadmap pariwisata Indonesia ditegaskan Menparekraf Sandiaga Uno adalah yang berkualitas dan berkelanjutan. Pariwisata berbasis alam budaya dengan mengutamakan kearifan lokal.

Apalagi kata Sandi ada peralihan (shiftin setelah pandemi ke pariwisata dan ekonomi kreatif yang personalize, localize, customize, smaller in size dengan fokus kepada wisatawan nusantara.

"Jadi di era Fuka (ketidakpastian) ini kita membuat rencana dengan cepat. Pariwisata Ramah Muslim yakni tambahan layanan berkaitan dengan industri halal mulai dari hotel, kuliner, karena ini permintaannya tinggi. Kita tidak bisa membendung orang berpergian umroh beribadah setelah dua tahun terhalang pandemi, tapi kita bisa membantu menyiapkan paket pre dan post umroh di destinasi pariwisata unggulan," ucap Sandiaga Uno.

Di Kemenparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan pihaknya membuat program kata kreatif memberikan pelatihan kepada para pelaku UMKM. Dengan fokus ke usaha yang kecil-kecil dahulu saja dimana bantuan usaha bisa di eksekusi dengan cepat oleh stakeholder terkait.

Terkait pernyataan dari peserta yang hadir mengenai rencana dan peluang Sandiaga Uno dalam kontestasi Pilpres 2024, Sandiaga Uno mengaku tetap fokus bekerja di Kemenparekraf dengan kinerja terbaik dan selalu siap kapanpun dibutuhkan.

"2024 ini sama dengan 2017, tidak ada yang menyangka. Tapi kalau kita menyerahkan ke Allah SWT nanti akan dibukakan jalan. Saya yakin nanti yang terbaik akan terpilih, dan menurut saya perjuangan itu baru akan ditentukan September - Oktober 2023 nanti siapa yang akan dinominasikan. Per hari ini saya fokus di tugas Kementerian, nanti pada saatnya semua harus bersiap untuk bangsa dan negara, mau sama siapa boleh yang penting saya selalu bersama Genpro (generasi muda dan pelaku usaha) dalam membangkitkan ekonomi kita," pungkas Sandiaga Uno.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini