Share

Kronologi Pesawat Lion Air Mendarat Darurat di Bandara Soetta Usai Mesinnya Terbakar

Heri Purnomo, MNC Portal · Kamis 27 Oktober 2022 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 27 320 2695355 kronologi-pesawat-lion-air-mendarat-darurat-di-bandara-soetta-usai-mesinnya-terbakar-vdK3npZdxh.jpg Pesawat Lion Air Kembali Mendarat di Bandara Soetta karena Masalah Mesin. (Foto: Okezone.com/Lion Air)

JAKARTA - Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT330 mendarat darurat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) pada Rabu pukul 17.45 WIB.

Pendaratan tersebut diduga karena adanya mesin pesawat yang bermasalah. Adapun dari foto yang beredar di media sosial, api terlihat jelas membara di sisi kiri bagian pesawat Lion Air.

Baca Juga: 5 Fakta Pesawat Lion Air Mendarat Darurat Diduga Akibat Mesin Terbakar

Pesawat yang mengangkut sebanyak 169 dan 6 kru ini lepas landas sekitar pukul 17.13 WIB. Pada tahap ini, Lion Air memastikan fase mengudara berjalan normal dan pilot menjalankan pengoperasian pesawat berdasarkan prosedur.

Namun pada saat ketinggian 3.000 kaki, pilot merasakan kinerja pada salah satu komponen mesin pesawat tidak sesuai dengan yang semestinya. Sehingga Pilot memustukan untuk kembali kebandara asal (return to base).

Baca Juga: Lion Air Mendarat Darurat di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro membenarkan adanya peristiwa pendaratan darurat di Bandara Internasional Soekarno Hatta. Menurutnya, pendaratan tersebut dilakukan sudah sesuai prosedur.

"Pilot merasakan kinerja pada salah satu komponen mesin pesawat tidak sesuai dengan yang semestinya dan menunjukkan perlu segera dilakukan pengecekan," katanya melalui media Statement yang dikeluarkanya, Rabu (26/10/2022).

Baca Juga: BuddyKu Fest: Challenges in Journalist and Work Life Balance Workshop

Follow Berita Okezone di Google News

"Dalam memastikan faktor keselamatan dan keamanan penerbangan (safety first), pilot memutuskan untuk kembali ke bandar udara asal (return to base) di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta," tambahnya.

Setelah kejadian itu, pihak Lion Air kemudian mengganti Penerbangan JT-330 dengan Boeing 737-800NG registrasi PK-LOP. Pesawat penggantinitu telah berangkat pada pukul 19.20 WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini