Share

Laba Astra International (ASII) Naik 49% Jadi Rp22,2 Triliun

Agregasi Harian Neraca, Jurnalis · Rabu 02 November 2022 11:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 02 278 2699273 laba-astra-international-asii-naik-49-jadi-rp22-2-triliun-pk09oZtPhu.jpg Laba ASII alami kenaikan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Laba PT Astra International Tbk (ASII) mengalami kenaikan pada kuartal III 2022. Laba bersih Grup Astra tanpa memperhitungkan keuntungan nilai wajar atas investasi pada PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mencapai Rp22,2 triliun, 49% lebih tinggi dari sembilan bulan tahun 2021.

Sedangkan, laba bersih per saham (tidak termasuk keuntungan nilai wajar atas investasi ASII di GOTO) adalah sebesar Rp550.

Sementara pendapatan bersih konsolidasian grup sebesar Rp221,4 triliun, meningkat 32% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Perseroan juga membeberkan keuntungan nilai wajar atas investasi di PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO).

Jika memperhitungkan keuntungan nilai wajar tersebut, laba bersih Grup ASII meningkat sebesar 56% menjadi Rp23,3 triliun. Peningkatan ini mencerminkan kinerja yang lebih baik dari hampir semua divisi bisnis, terutama divisi alat berat dan pertambangan, otomotif, dan jasa keuangan grup.

Adapun untuk periode yang berakhir 30 September 2022, keuntungan nilai wajar atas investasi Astra pada GOTO sebesar Rp1,08 triliun.

“Kinerja Grup sepanjang sembilan bulan tahun 2022 cukup baik, terutama didukung oleh pemulihan ekonomi dan harga komoditas yang lebih tinggi. Kinerja bisnis pada sisa tahun ini diperkirakan akan tetap baik,” ungkap Presiden Direktur Astra, Djony Bunarto Tjondro.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Namun, lanjutnya, prospek bisnis ke depan dapat menghadapi tantangan yang disebabkan oleh tingat inflasi yang lebih tinggi, meningkatnya suku bunga, dan tekanan ekonomi makro global. Sebagai informasi, tahun ini perseroan mengaku optimis tren penjualan mobil akan meningkat pada semester II/2022 seiring dengan kelanjutan pemulihan ekonomi dan adanya sejumlah insentif dari pemerintah

Head of Investor Relations Astra International, Tira Ardianti pernah mengatakan, pihaknya optimistis dapat mempertahankan market share penjualan kendaraan bermotor sepanjang semester II/2022. Menurutnya, tren penjualan mobil sepanjang paruh pertama tahun 2022 sudah lebih baik dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Dia menjelaskan, sepanjang semester I/2022, rata – rata penjualan mobil per kuartal sudah berada di atas target Gaikindo di tahun ini pada kisaran 900.000 hingga 950.000 unit. “Seiring dengan tren tersebut, kami setidaknya memasang target mampu mempertahankan market share Astra di posisi 54%. Jika bisa naik akan lebih bagus lagi,” jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini