Share

Titik Nol di Ibu Kota Nusantara Tidak Hanya 1, Begini Penjelasannya

MNC Portal, Jurnalis · Minggu 06 November 2022 09:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 06 470 2701734 titik-nol-di-ibu-kota-nusantara-tidak-hanya-1-begini-penjelasannya-VoW61Vef6B.jpg Titik Nol di Ibu Kota Baru. (Foto: Okezone.com/MPI)

BALIKPAPAN - Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Timur Rozali Indra Saputra menjelaskan soal titik nol Ibu Kota Negara (IKN). Di mana selama ini, titik nol yang populer berada di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Dia mengungkapkan, sebenarnya ada sembilan titik koordinat yang menjadi acuan jarak pembangunan infrastruktur di IKN.

Baca Juga: Ibu Kota Nusantara Jadi Peluang Emas Bagi Pengembang

"Titik geodetik yang menjadi referensi sebagai titik simpul pembangunan fisik di IKN ada banyak. Yang satu itu terkenal karena pernah menjadi lokasi acara simbolik penyatuan air dan tanah dari seluruh Indonesia," jelas Indra dalam media briefing di Balikpapan, Minggu (6/11/2022).

Wisata Titik Nol IKN, Destinasi yang Menyerap Perhatian Publik

Indra mengatakan, titik nol IKN yang dikenal selama ini memang yang pertama. Itu adalah titik simpul untuk pembangunan Istana Negara di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). Jalan utama yang ditarik dari Titik Nol lurus hingga Istana Negara dinamakan Jalan Sumbu Kebangsaan.

Baca Juga: Proyek Ibu Kota Nusantara Banyak Dibangun Awal 2023

Lantas, di mana letak delapan titik nol lainnya?

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

"Bermacam-macam. Itu sangat teknis. Ada yang di dekat bendungan, dataran tinggi, dekat proyek jalan tol dan lainnya. Tentu setiap proyek harus ada titik acuannya untuk referensi teknis pembangunan fisik," jawabnya.

Dia mengingatkan, Titik Nol di IKN jangan sampai disebut sebagai Titik Nol Kilometer. Jangan disamakan dengan yang ada di Sabang sebagai titik terjauh Indonesia di bagian barat dan titik nol di Merauke sebagai titik terjauh Indonesia di bagian timur. 

Armydian Kurniawan

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini