Share

Mentan Minta Setiap Daerah Tingkatkan Produktivitas Pertanian, Ini Alasannya

Iqbal Dwi Purnama, MNC Portal · Senin 07 November 2022 11:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 07 320 2702306 mentan-minta-setiap-daerah-tingkatkan-produktivitas-pertanian-ini-alasannya-KTrfjjtZSC.jpg Mentan Syahrul Yasin Limpo (Foto: Okezone/Kementan)

JAKARTA - Pemerintah saat ini tengah mendorong produktivitas pertanian dalam negeri. Bukan hanya untuk menjaga ketahanan pangan, namun diharapkan bisa meningkatkan nilai tambah melalui ekspor.

Menurut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pertanian adalah sektor yang paling kuat dalam menghadapi berbagai ancaman krisis global. Pertanian jugalah yang terbukti mampu menjadi penyangga ekonomi disaat dunia menghadapi krisis pandemi.

"Pertanian yang paling kuat disaat sektor lainya melemah," ujar Mentan SYL dikutip Minggu (6/11/2022).

Hal tersebut disampaikan oleh Mentan SYL bersamaan dengan acara panen raya padi di Desa Gunung Jaya, Kecamatan Dangia, Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara.

Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementan, Suwandi menambahkan Provinsi Sultra memiliki potensi lumbung pangan terbesar di Indonesia karena terdapat hamparan sawah yang luas dan produktivitas padi yang cukup besar.

"Disini saya melihat panen raya provinsi Sultra sudah sangat baik karena produktivitasnya cukup besar. Diharapkan ke depannya, wilayah Sultra mampu meningkatkan produktivitas lebih tinggi lagi agar menjadi lumbung pangan terbesar di Indonesia," ucapnya.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi mengatakan bahwa sejauh ini wilayahnya merupakan wilayah subur yang memiliki area pesawahan luas dan tanah yang cukup subur dalam memperkuat ketahanan pangan nasional.

"Bahkan khusus untuk sulawesi tenggara saat ini sudah pencanangan area, kita menjadi pensupply. InsyaAllah pertanian kita semakin maju dan lebih baik," pungkas Ali Mazi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini