Share

Apa yang Membedakan Indomaret dan Alfamart? Ini Jawabannya

Rina Anggraeni, Okezone · Selasa 08 November 2022 19:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 08 320 2703131 apa-yang-membedakan-indomaret-dan-alfamart-ini-jawabannya-4VUQ0VsqeZ.jfif Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA- Apa yang membedakan Indomaret dan Alfamart? ini jawabannya menarik untuk diulas. Anda pasti sudah tidak asing dengan Alfamart dan Indomaret. Kedua gerai minimarket ini telah tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Bahkan, jaringan waralabanya telah menyasar hingga ke pelosok desa. Dari banyaknya gerai Alfamart dan Indomart ini tentu bukan rahasia umum lagi jika kedua perusahaan tersebut menjelma sebagai pengelola jaringan ritel terbesar di Indonesia.

Meski mirip, namun keduanya memiliki perbedaan. Ini bedanya Alfamart dan Indomaret yang harus Anda ketahui.

1. Punya Slogan Berbeda

Minimarket dengan slogan “Belanja Puas, Harga Puas” kini telah berkembang pesat dan memiliki banyak produk. Mulai dari produk rumah tangga hingga produk kecantikan.

Sedangkan, slogan dari Indomaret adalah “Mudah & Hemat”. Minimarket dengan logo Si Domar ini tak kalah dari Alfamart. Indomaret menjual berbagai macam produk, dari bahan pokok hingga obat-obatan.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

2. Jenis Perusahaan Berbeda

Bisnis ritel ini didirikan oleh salah satu pengusaha Indonesia, Djoko Susanto. Pada awalnya, bisnis Alfamart hanya sebuah usaha dagang rokok dan barang-barang konsumsi. Kemudian, mayoritas kepemilikan bisnis ini dijual kepada PT HM Sampoerna pada Desember 1989. Lalu, komposisi kepemilikan sahamnya telah berubah dengan PT Sigmantara Alfindo sebagai induk usaha memiliki 52,74% saham. Sementara itu, induk usaha terakhir Alfamart adalah PT Perdana Mulia Fajar. Untuk pemilik Manfaat Akhir (ultimate beneficial owner) dari kepemilikan saham Sumber Alfaria Trijaya sendiri adalah sang founder yakni Djoko Susanto.

Sementara gerai Indomaret bediri di bawah naungan PT Indomarco Prismatama dengan mayoritas saham dipegang oleh Salim Group.

3. Tanggal Berdiri Berbeda

Gerai Alfamart dan Indomaret kerap kali berdekatan. Meski demikian, rupanya usia kedua minimarket favorit masyarakat Indonesia ini cukup jauh. Indomaret lahir terlebih dahulu, yaitu pada 20 Juni 1988. Sedangkan Alfamart baru berdiri pada 27 Juni 1999.

4. Jumlah Gerai

Alfamart dan Indomaret sama-sama memiliki kekuatan yang besar dalam memperluas jaringan waralabanya.

Dikutip dari berbagai sumber, pada 2021 lalu Alfamart memiliki jumlah gerai sebanyak 18.810 yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Jumlah tersebut rupanya naik 7,27 persen dari tahun 2020. Sedangkan gerai Indomaret per tahun 2021 telah mencapai 19.561 unit.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini