Share

Bahlil Cerita Krismon 1998 Bikin Pengusaha Besar Kabur tapi UMKM Setia Jaga Ekonomi RI

Iqbal Dwi Purnama, MNC Portal · Kamis 10 November 2022 09:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 10 320 2704561 bahlil-cerita-krismon-1998-bikin-pengusaha-besar-kabur-tapi-umkm-setia-jaga-ekonomi-ri-uwHR2Shglf.jpg Menteri Bahlil Cerita Soal Krismon. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan banyak pengusaha besar kabur ketika Indonesia mengalami krisis 1998.

Namun, yang menjadi penolong roda perekonomian Tanah Air ketika itu adalah pelaku UMKM. Banyak pelaku UMKM yang meniti ulang usahanya dampak dari krisis tersebut.

"Pada saat itu, pengusaha besar, korporasi-korporasi besar, sebagian melarikan diri, bahkan mempailitkan diri, yang setia dan menjaga ekonomi Indonesia itu adalah UMKM," kata Bahlil dalam sambutannya saat pemberian NIB di Bali melalui kanal YouTube OSS Indonesia, Rabu (9/11/2022).

Baca Juga: Dorong Pelaku Ekraf di Majalengka Bangkit, Sandiaga Curhat Masa Sulit Krisis Moneter 1997

Lebih lanjut, Bahlil juga melihat krisis yang terjadi beberapa tahun kebelakang. Pandemi Covid-19 membuat perlambatan ekonomi global, hingga dampak perang Rusia-Urkaina yang mengganggu rantai pasok hingga hubungan dagang.

"Kita Covid-19, ini minta ampun susahnya, sebelum Covid-19 ada perang dagang, China dan Amerika. Belum selesai Covid, muncul lagi perang Rusia-Ukraina, itu melahirkan ekonomi yang gelap, hati-hati, ekonomi tahun 2023 itu susah," lanjut Bahlil.

Baca Juga: Cerita Sri Mulyani soal Pinjaman Bank Meroket karena Krisis Moneter

Pada 2020, ketika terjadi pandemi covid 19, menurut Bahlil ekonomi Indonesia tumbuh negatif sebagai dampak dari adanya pembatasan mobilitas masyarakat.

Namun pada Kuartal III 2022 kemarin, ekonomi Indonesia sudah berhasil mencatatkan angka pertumbuhan sebesar 5,72% jika dibandingkan pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Baca Juga: Hindari Masalah Kesehatan yang Mungkin Timbul Setelah Penerbangan Jarak Jauh

Baca Juga: BuddyKu Fest: Challenges in Journalist and Work Life Balance Workshop

Follow Berita Okezone di Google News

"Ini adalah Pertumbuhan ekonomi terbaik di dunia, Indonesia menempati urutan pertama untuk negara-negara G20, siapa pelakunya, pelaku dari kontribusi pertumbuhan ekonomi 5,72% itu adalah UMKM, jadi UMKM ini luar biasa," sambungnya.

Menurutnya bahlil hal tersebut menjadi bukti nyata bahwa kontribusi UMKM ini cukup kuat dalam menjaga kekokohan ekonomi Indonesia ditengah kondisi global saat ini.

"Jumlah total lapangan pekerjaan, itu 131 juta, UMKM kontribusi 121 juta, Pertumbuhan Ekonomi kita, 60% itu dari UMKM, jadi bukan pengusaha besar, tapi saya jujur untuk mengatakan bahwa negara dan perbankan belum hadir secara utuh untuk kita berpihak kepada UMKM," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini