Share

BPS Data Keluarga Wapres, dari Profil hingga Ekonomi

Binti Mufarida, MNC Portal · Jum'at 11 November 2022 17:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 11 320 2705727 bps-data-keluarga-wapres-dari-profil-hingga-ekonomi-ep2eYvaXbO.png BPS Data Wapres. (Foto: Okezone.com/BPS)

JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022 pada keluarga Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin di Kediaman Resmi Wapres, Jl. Diponegoro No. 2, Jakarta Pusat.

Kepala BPS DKI Jakarta Anggoro Dwitjahyono menjelaskan, pendataan ini untuk menyusun database terkait perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat dengan metode cacah jiwa (sensus) 100%.

“Jadi, termasuk juga Bapak Presiden dan tentu saja tadi (juga) sudah kami lakukan pendataan (terhadap) Bapak Wakil Presiden,” ungkap Anggoro dalam keterangannya.

Baca Juga: Pengusaha Pesimis Hadapi 2023 meski Ekonomi RI Tumbuh 5,72%, Kenapa?

Lebih lanjut, Anggoro menuturkan bahwa pendataan awal Regsosek 2022 di seluruh provinsi di Indonesia dilaksanakan pada 15 Oktober hingga 14 November 2022. Namun, apabila hingga batas waktu tersebut terdapat penduduk yang belum berhasil didata secara tatap muka langsung, maka BPS akan melakukan pendataan secara online atau melalui sambungan telepon.

“Posisi sekarang untuk DKI Jakarta sudah di atas 80%. Seluruh Indonesia juga lebih dari itu, karena DKI Jakarta memang tantangannya relatif jauh lebih besar. Mudah-mudahan, tinggal 4 hari ini bisa kita selesaikan,” ujarnya.

Baca Juga: BPS: Angka Pengangguran akibat Covid-19 Menurun

Kemudian, proses Regsosek 2022 meliputi pendataan awal di lapangan, pengolahan data, dan pelaksanaan forum konsultasi publik. Adapun hasilnya diperkirakan baru dapat dipublikasikan pada 2023 mendatang.

“Ada tahapan berikutnya adalah terkait dengan forum konsultasi publik di tahun 2023. Setelah itu, baru data itu diumumkan dan dipergunakan sesuai dengan program-program yang sudah ada di seluruh kementerian dan lembaga (K/L). Karena ini juga katanya akan dimanfaatkan oleh seluruh K/L,” paparnya.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Sebagai informasi, dilansir dari website resmi BPS (www.bps.go.id), pendataan Regsosek adalah pengumpulan data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraannya.

Data Regsosek sendiri dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas berbagai layanan pemerintah seperti pendidikan, bantuan sosial, kesehatan, hingga administrasi kependudukan. Saat ini, Regsosek sangat penting dan mendesak untuk dilakukan karena masih terbatasnya cakupan data sosial ekonomi penduduk Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini