Share

B20 Summit, Adaro Minerals (ADMR) Pasok Aluminium ke Hyundai Motors

Dinar Fitra Maghiszha, MNC Portal · Selasa 15 November 2022 07:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 15 278 2707572 b20-summit-adaro-minerals-admr-pasok-aluminium-ke-hyundai-motors-o6UQgQMqq7.jpg ADMR dan Hyundai jalin kerjasama (Foto: Okezone)

BALI - PT Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR) memasok aluminium untuk Hyundai Motor Company (HMC). Kedua perusahaan telah meneken kerja sama bisnis di sela pertemuan B20 Summit di Nusa Dua, Bali.

ADMR, melalui anak usahanya, PT Kalimantan Aluminium Industry (KAI), juga akan menjamin stok komoditas tersebut di tengah kenaikan permintaan aluminium untuk industri manufaktur otomotif.

"Kerja sama ini mencerminkan kepercayaan investor terhadap proses hilirisasi mineral Indonesia di kawasan industri hijau terbesar dunia yang berlokasi di Kalimantan Utara," kata Presiden Direktur ADMR, Christian Ariano Rachmat, dalam keterangan resminya, dikutip Selasa (14/11/2022).

Poin kerja sama kedua perusahaan mencakup produksi dan jaminan persediaan aluminium dari KAI. Adapun HMC mendapat hak untuk membeli aluminium hasil produksi KAI pada tahap awal, serta hak untuk negosiasi pembelian aluminium rendah karbon, dengan volume offtake yang belum ditentukan di kisaran 50 ribu TPA hingga 100 ribu TPA.

Perseroan menargetkan dapat mencapai tanggal operasional komersial pada kuartal pertama tahun 2025, dengan produksi 500.000 TPA aluminium pada tahap awal.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Christian memaparkan aluminium hijau di Indonesia digolongkan sebagai aluminium berkarbon rendah karena diproduksi menggunakan PLTA, yang merupakan sumber listrik ramah lingkungan. Dia mengharapkan pasokan komoditas ini dapat memenuhi kebijakan netralisasi karbon HMC di tengah fluktuasi permintaan serta peningkatan harga energi di tingkat global.

Lebih jauh, ADMR selaku induk KAI juga bakal membentuk sistem yang komprehensif dan koperatif demi memastikan ketersediaan aluminium, dan menguntungkan kedua belah pihak.

Sebagai catatan, KAI adalah perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh PT Adaro Indo Aluminum (AIA), dan PT Adaro Indo aluminum (AIA), yang juga merupakan perusahaan terbatas yang secara mayoritas dimiliki oleh PT Adaro Minerals Indonesia Tbk.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini