Share

PLN Bakal Jual Listrik EBT ke Amazon

Suparjo Ramalan, MNC Portal · Selasa 15 November 2022 20:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 15 320 2708271 pln-bakal-jual-listrik-ebt-ke-amazon-94CYfVqwK5.jpeg PLN Jalin Kerjasama dengan Amazon. (Foto: Okezone.com/PLN)

JAKARTA - PT PLN (Persero) melakukan kerjasama dengan Amazon untuk pengembangan energi baru terbarukan dengan kapasitas 210 megawatt (MW) di empat proyek pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Indonesia. Ini adalah perjanjian pertama bagi dua perusahaan yang memungkinkan penambahan PLTS berskala besar ke dalam sistem nasional.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, Amazon akan membeli listrik berbasis EBT di Indonesia yang dipasok melalui empat proyek PLTS untuk mendukung kegiatan operasionalnya di Indonesia. Keempat proyek tenaga surya itu akan berlokasi di Bali dan Pulau Jawa pada jaringan Jawa-Madura-Bali.

Darmawan memastikan komitmen Amazon untuk menjadi off-taker dengan pendorong proyek-proyek tersebut, yang memungkinkan PLN memperkenalkan peluang yang sama untuk organisasi lain yang tertarik, membuka lebih banyak opsi pengadaan EBT perusahaan di Indonesia.

Baca Juga: RI Bakal Punya Solar Panel Terbesar di Asean

Menurutnya, inisiatif PLN melakukan pengadaan energi terbarukan akan membawa Indonesia lebih dekat untuk mencapai net zero emission pada tahun 2060.

“Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mengurangi emisi rumah kaca untuk mencapai tujuan nol bersih pada tahun 2060,” ujar Darmawan, Selasa (15/11/2022).

PLN akan membangun empat proyek pembangkit listrik skala utilitas baru yang masuk dalam Rencana Usaha Penyediaan Listrik (RUPTL) 2021 – 2030 yang merupakan RUPTL terhijau yang pernah dimiliki dalam sejarah nasional.

Baca Juga: AS dan 3 Lembaga Keuangan Dunia Dukung Transisi Energi Indonesia

Darmawan mengatakan dengan penambahan 20,9 gigawatt pembangkit listrik energi terbarukan. Dengan perjanjian itu pihaknya mendukung Amazon menuju 100 persen energi terbarukan. Dia berharap inisiatif ini akan menginspirasi kolaborasi di masa depan dengan perusahaan multinasional lainnya.

“Kami dengan senang hati mengumumkan proyek EBT pertama kami di Indonesia bekerja sama dengan PLN, menempatkan Amazon di jalur menuju 100 persen energi terbarukan,” kata Carly Wishart, Direktur Pusat Data Perencanaan, Pengiriman & Pelaksana untuk Asia-Pasifik, Jepang & China

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Dia memastikan PLN dan tim Amazon telah bekerja sama untuk membuka cara baru bagi perusahaan untuk mendapatkan EBT di dalam negeri. Proyek EBT akan memasok energi untuk operasional Amazon di Indonesia dan membantu memajukan tujuan Amazon untuk mencapai emisi karbon nol bersih di seluruh bisnisnya pada 2040.

"Kami menantikan kolaborasi berkelanjutan dengan PLN untuk memungkinkan lebih banyak energi terbarukan proyek di Indonesia," kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini