Share

AS dan 3 Lembaga Keuangan Dunia Dukung Transisi Energi Indonesia

Yulistyo Pratomo, MNC Portal · Selasa 15 November 2022 17:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 15 320 2708160 as-dan-3-lembaga-keuangan-dunia-dukung-transisi-energi-indonesia-1IU0UMXsql.jfif AS hingga 3 Lembaga Dunia Dukung Transisi Energi. (Foto ;Okezone.com/AP 1)

BALI - Indonesia mendapatkan dana dari Amerika Serikat (AS) untuk mendukung proses transisi energi di Tanah Air. Bahkan tak hanya AS, bantuan juga mengalir dari tiga mitra organisasi internasional.

"Kami juga sangat bersyukur atas dukungan yang terus mengalir dari mitra organisasi internasional kami, termasuk Asian Development Bank (ADB), Climate Investment Fund, dan World Bank untuk transisi energi Indonesia," ungkap Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, dalam konferensi pers di Media Center Bali International Convention Center, Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022).

Baca Juga: Transisi Energi Butuh Dana Besar, Luhut: Indonesia Lagi Nego Kerjasama

Usai mendapatkan aliran dana tersebut, pemerintah akan melakukan beberapa persiapan. Pendanaan itu diberikan untuk memenuhi ambisi Indonesia dalam mengurangi penggunaan batu bara menjadi energi yang ramah lingkungan.

"Dalam 6 bulan, pemerintah Indonesia akan memimpin persiapan dari rencana aksi kemitraan untuk memproduksi rencana investasi komprehensif. Rencana ini akan mengoperasionalisasikan target besar bersama dalam pernyataan bersama dengan aksi yang konkret dan kolaboratif," beber dia.

Baca Juga: Luhut: Saya Sangat Percaya Diri Indonesia Bisa Mempercepat Transisi Energi

Proses transisi ini disebutnya sebagai agenda yang darurat, sehingga Indonesia akan mempercepat reduksi di emisi sektor tenaga, dan menggeser proyeksi puncak emisi ke depan, mempercepat pengembangan energi terbarukan dan meningkatkan efisiensi energi melalui kemitraan internasional, termasuk melalui transfer pengetahuan dan perkembangan teknologi berkelanjutan.

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

Indonesia sebelumnya meluncurkan sebuah kemitraan historis dengan para negara-negara dengan pandangan dan pola pikir yang sama, seperti Amerika Serikat (AS) dan Jepang, melalui Joint Energy Transition Partnership.

"Kemitraan ini mendukung target iklim Indonesia yang ambisius melalui upaya kolaboratif dan juga investasi terkait oleh para mitra internasional kami, termasuk memobilisasi USD20 miliar pembiayaan publik dan swasta dalam 3-5 tahun ke depan," ujar Luhut dalam konferensi pers di Nusa Dua, Selasa(15/11/2022).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini