Share

Jokowi: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dapat Beroperasi Juni 2023

Heri Purnomo, MNC Portal · Rabu 16 November 2022 19:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 16 320 2708938 jokowi-kereta-cepat-jakarta-bandung-dapat-beroperasi-juni-2023-rtnp9Jezhu.jpg Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi 2023. (Foto: Okezone.com/KCIC)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo optimis Kereta Cepat Jakarta-Bandung bisa beroperasi pada Juni 2023. Hal ini diungkap Jokowi setelah menyaksikan uji dinamis Kereta Cepat Jakarta-Bandung bersama Presiden China Xi Jinping.

"Tadi kita telah melihat penyelesaian proyek kereta cepat Jakarta-Bandung dan saya optimistis kereta cepat ini dapat beroperasi di bulan Juni di 2023," ujar Jokowi, Rabu (16/11/2022).

Baca Juga: Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung dengan Kecepatan 80 Km/Jam

Di tempat yang sama, Presiden Xi Jinping mengatakan bahwa proyek Kereta Ceoat Jakarta-Bandung adalah bentuk nyata kerjasama antara kedua negara.

"Semua ini adalah pencapaian nyata yang tidak hanya memberikan kesejahteraan kepada rakyat kedua negara. Tetapi juga mendatangkan hasil positif di tingkat regional maupun global," katanya.

Baca Juga: 6 Fakta Kereta Cepat Jakarta-Bandung Melaju, Nomor 3 Paling Dinanti-nanti

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Tiongkok Xi Jinping menyaksikan uji dinamis Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) melalui tayangan virtual dari Bali.

Adapun pada proses uji dinamis akan dilakukan sepanjang 15 km dari Stasiun Tegalluar menuju Casting Yard 4 di daerah Kopo, Kota Bandung dari total keseluruhan panjang lintasan 142,3 kilometer.

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

Sementara kecepatan kereta inspeksi akan melaju dengan kecepatan terbatas hingga maksimal 80 km per jam. Sementara kecepatan operasi maksimum KCJB yakni 350 km/jam.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan mempersingkat perjalanan dari Jakarta ke Bandung hanya 40 menit saja.

Dimana pada perjalanannya akan ada 4 stasiun, yaitu stasiun halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang dan Stasiun Tegalluar. Sementara melewati 9 kabupaten/kota.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini