Share

4 Fakta Kereta Cepat Jakarta-Bandung Sampai Surabaya, Ini Bocorannya

Noviana Zahra Firdausi, Okezone · Sabtu 26 November 2022 07:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 25 320 2714732 4-fakta-kereta-cepat-jakarta-bandung-sampai-surabaya-ini-bocorannya-pNadSBJN2o.jpg Kereta Cepat Jakarta-Surabaya. (Foto: Okezone.com/KCIC)

JAKARTA - Pemerintah berencana melanjutkan proyek kereta cepat sampai Surabaya. Namun, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi belum dapat memastikan proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya kembali digarap PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) atau tidak.

Pasalnya, pemerintah harus mengevaluasi terlebih dahulu kinerja PT KCIC dalam pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung agar bisa melanjutkan proyek tersebut.

Okezone pun merangkum beberapa fakta kereta cepat Jakarta sampai Surabaya, Sabtu (26/11/2022):

1. Jarak Tempuh Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

Diproyeksikan, jarak Jakarta-Surabaya dengan menggunakan kereta cepat hanya akan memakan waktu 4 jam. Adapun kereta cepat Jakarta-Surabaya melewati wilayah yakni, Jakarta, Karawang, Kertajati,Purwokerto, Yogyakarta, Solo hingga Surabaya dengan jarak 888 km.

Baca Juga: Daftar Proyek Transportasi Masa Depan RI, Dibangun Tanpa APBN

2. Hanya Akan Berhenti di 4 Stasiun

Plt Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Risal Wasal mengungkapkan, bahwa nantinya hanya terdapat 4 atau 5 stasiun pemberhentian di stasiun. Menurutnya, hal itu dikarenakan untuk memaksimalkan operasional kereta cepat Jakarta-Surabaya.

"Akan membatasi stasiun-stasiun yang akan kereta cepat berhenti, hal itu karena kereta cepat itu ada jarak dan waktu yang diperhatikan suapaya kereta ini beroperasi secara maksimal," kata Risal dalam Market Review IDXChannel, Rabu (23/11/2022).

Baca Juga: Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Akan Berhenti di 4 Stasiun Ini

"Dari Bandung sampai ke Surabaya paling banyak 4 atau 5 titik yang akan diberhentikan dari Bandung ke Surabaya," tambahnya.

Adapun terkait lokasi mana saja yang akan menjadi pemberhentian tersebut, Risal belum dapat menginformasikan.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

3. Proses Pembangunannya Akan dilakukan Secara Bertahap

Menhub mengatakan, dalam proses pembangunan kereta cepat Jakarta-Surabaya akan dilakukan secara bertahap. Dia mengatakan saat ini pihakya sedang fokus terlebih dahulu pada pembangunan kereta Bandara Kertajati.

"Yang paling penting adalah kita lakukan secara bertahap. Kita tahu bahwa setelah ini kita harus ke Kertajati. Sehingga Kertajati Jakarta itu akan dekat," katanya. 

4. Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Berbeda Dengan Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya

Lebih lanjut, Menhub menegaskan bahwa Kereta Cepat Jakarta-Surabaya berbeda dengan Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya yang sebelumnya direncanakan oleh pemerintah sebelumnya. Adapun Menhub mengatakan, perbedaan tersebut terletak pada jalur keretanya.

"Kereta Semi Cepat (Jakarta-Surabaya) kan di Utara, ini kan di Selatan (Kereta Cepat Jakarta-Surabaya)," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini