Share

Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Akan Berhenti di 4 Stasiun Ini

Heri Purnomo, MNC Portal · Rabu 23 November 2022 13:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 23 320 2713175 kereta-cepat-jakarta-surabaya-akan-berhenti-di-4-stasiun-ini-4Fhxv3tFru.jpg Rencana Kereta Cepat Jakarta-Surabaya. (Foto: Okezone.com/KCIC)

JAKARTA - Pemerintah berencana melanjutkan proyek kereta cepat sampai ke Surabaya. Di mana kereta cepat yang ada sekarang baru melayani rute Jakarta-Bandung.

Diproyeksikan, jarak Jakarta-Surabaya dengan menggunakan kereta cepat hanya akan memakan waktu 4 jam. Adapun kereta cepat Jakarta-Surabaya melewati wilayah yakni, Jakarta, Karawang, Kertajati, Purwokerto, Yogyakarta, Solo hingga Surabaya dengan jarak 888 km.

Baca Juga: Kereta Cepat Rampung Juni 2023, Jakarta-Bandung Hanya 40 Menit

Plt Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Risal Wasal mengungkapkan, bahwa nantinya hanya terdapat 4 atau 5 stasiun pemberhentian di stasiun. Menurutnya, hal itu dikarenakan untuk memaksimalkan operasional kereta cepat Jakarta-Surabaya.

"Akan membatasi stasiun-stasiun yang akan kereta cepat berhenti, hal itu karena kereta cepat itu ada jarak dan waktu yang diperhatikan suapaya kereta ini beroperasi secara maksimal," kata Risal dalam Market Review IDXChannel, Rabu (23/11/2022).

Baca Juga: Banyak BUMN Nantikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi 2023

"Dari Bandung sampai ke Surabaya paling banyak 4 atau 5 titik yang akan diberhentikan dari Bandung ke Surabaya," tambahnya.

Adapun terkait lokasi mana saja yang akan menjadi pemberhentian tersebut, Risal belum dapat menginformasikan.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Risal juga mengatakan, nantinya di pemberhentian kereta cepat Jakarta-Surabaya akan dikembangkan kawasan yang dapat menunjang perekonomian di daerah tersebut.

"Kawasan TOD nantinya itu menjadi salah satu perhitungan KPBU, dimana kita harapkan hal itu dapst membangun kawasan TOD di stasiun yang disinggahi kereta cepat," katanya.

"Dengan adanya kawasan TOD di stasiun pemberhentian pastinya akan ada perkembangan ekonomi di wilayah tersebut," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini