Share

Aturan Baru! 100 Perusahaan Mulai Terapkan 4 Hari Kerja Saja

Khairunnisa, Okezone · Rabu 30 November 2022 05:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 29 320 2717394 aturan-baru-100-perusahaan-mulai-terapkan-4-hari-kerja-saja-8GFutXa4rb.jpg Kerja 4 Hari (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pekerja di Inggris telah beralih dalam seminggu mereka mengganti waktu kerja menjadi empat hari kerja dan tiga hari libur.

Dilansir dailymail.co di Jakarta, Selasa (29/11/2022), ini menjadi gerakan pertama kali di Inggris tanpa menghilangkan gaji karyawan.

Ada pula di 100 perusahaan menjadi 2.600 karyawan untuk mendapatkan manfaat dari waktu kerja baru tersebut.

Mereka juga disebut akan mendapat keuntungan dari pola kerja baru setelah bos mereka mendaftar menjadi pemberi kerja terakreditasi dalam skema nasional.

Karyawan yang mendukung pola kerja empat hari seminggu mengatakan kalau lima hari kerja membuatnya mabuk dari era ekonomi sebelumnya.

Mereka juga berpendapat bahwa empat hari seminggu akan mendorong lebih banyak perusahaan untuk meningkatkan produktivitas mereka.

Sehingga ini berarti mereka dapat menciptakan hasil yang sama, hanya dalam waktu yang lebih sedikit.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Untuk uji coba empat hari kerja seminggu di Prancis sebelumnya menemukan bahwa para pekerja bekerja dalam jumlah jam yang sama bahkan dengan satu hari lebih sedikit dan perusahaan harus membayar mereka untuk waktu ekstra.

Dua perusahaan terbesar yang telah mendaftar, yakni Atom Bank dan perusahaan pemasaran global Awin, yang masing-masing memiliki sekitar 450 staf di Inggris.

Diketahui, bahwa ereka telah diakreditasi oleh kampanye empat hari seminggu, yang berarti mereka telah menunjukkan bahwa mereka telah benar-benar mengurangi jam kerja para pekerja daripada memaksa mereka bekerja lebih lama.

Kepala eksekutif Awin Adam Ross, mengatakan mengadopsi empat hari seminggu adalah salah satu inisiatif paling transformatif dalam sejarah perusahaan.

"Selama satu setengah tahun terakhir, kami tidak hanya melihat peningkatan yang luar biasa dalam kesehatan dan kesejahteraan karyawan tetapi secara bersamaan, layanan dan hubungan pelanggan kami, serta hubungan dan retensi bakat juga mendapat manfaat," katanya.

Sementara, kampanye Inggris juga mengoordinasikan skema percontohan terbesar di dunia dengan lebih dari 3.300 karyawan di 70 perusahaan dan badan amal mengambil bagian dalam percobaan enam bulan yang radikal.

Uji coba tersebut melibatkan para peneliti di Universitas Cambridge dan Oxford, perguruan tinggi Boston dan Otonomi thinktank

Perusahaan dan nirlaba dikenakan biaya hingga 10.000 euro untuk ambil bagian.

Baca Selengkapnya: 100 Perusahaan Inggris Mulai Terapkan 4 Hari Kerja, 3 Hari Libur

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini