Share

Intip Gaji Kabareskrim Komjen Agus Andrianto yang Dituding Terima Setoran Tambang Ilegal

Feby Novalius, Okezone · Rabu 30 November 2022 08:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 30 320 2717551 intip-gaji-kabareskrim-komjen-agus-andrianto-yang-dituding-terima-setoran-tambang-ilegal-8omgbmL9Ge.jpg Gaji Kabareskrim Agus Andrianto. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kabareskrim Komjen Agus Andrianto dituding menerima suap dari bisnis tambang ilegal di Kalimantan Timur (Kaltim). Namun tudingan tersebut dengan tegas dibantah Agus Andrianto.

Menurut Agus, penyelidikan terkait keterlibatannya dalam kasus itu lemah.

Lantas berapa gaji Agus sebagai Kabareskrim hingga diisukan menerima suap dari bisnis tambang ilegal?

Baca Juga: Saling Serang, Kabareskrim Tantang Ferdy Sambo Keluarkan BAP soal Pemeriksaan Tambang Ilegal

Mengutip beragam sumber yang dikutip Okezone, Rabu (30/11/2022), Kabareskrim merupakan salah petinggi Polri. Dengan demikian pendapatan yang diterima tentu lumayan.

Berdasarkan PP Nomor 17 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2001 tentang Peraturan Gaji Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Baca Juga: 5 Fakta Kabareskrim soal Tambang Ilegal, Singgung Kasus Ferdy Sambo

Gaji pokok yang diterima Agus sekira Rp5,07 juta-Rp5,9 juta. Selain itu, ada tunjangan yang juga didapat Agus sebagai Kabareskrim.

Berada di kelas jabatan 17, dirinya mendapat tunjangan sekira Rp29 juta setiap bulan. Artinya jika ditotal dengan gaji yang didapat dan tunjangan yang diterima, Agus mendapat Rp34 juta.

Follow Berita Okezone di Google News

Sebagai informasi, isu suap ini muncul berkaitan dengan beredarnya laporan hasil penyelidikan (LHP) kasus tambang ilegal dengan nomor R/ND-137/III/WAS.2.4./2022/Ropaminal tertanggal 18 Maret 2022. Dokumen itu ditandatangani oleh Hendra Kurniawan selaku eks Karo Paminal Propam Polri dan ditujukan kepada mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo.

Ismail Bolong, seorang mantan anggota Polres Samarinda, Kalimantan Timur mengaku memberikan uang senilai Rp6 miliar kepada Kabareskrim Polri, Komjen Agus Andrianto. Namun, Komjen Agus membantah menerima uang tersebut.

"Keterangan saja tidak cukup," kata Agus kepada awak media, Jakarta, Jumat 25 November 2022.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini