Share

Temui 12 Investor Jepang, Menteri Basuki: Tidak Perlu Ragu Bangun IKN

Iqbal Dwi Purnama, MNC Portal · Rabu 30 November 2022 09:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 30 320 2717596 temui-12-investor-jepang-menteri-basuki-tidak-perlu-ragu-bangun-ikn-glYW9XmSRN.jpg Menteri Basuki Temui 12 Delegasi Jepang. (Foto: Okezone.com/PUPR)

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bertemu 12 delegasi Jepang untuk membahas tindak lanjut minat investasi di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur.

Basuki menjelaskan, saat ini pihaknya telah melakukan pembangunan infrastruktur dasar di IKN dasar seperti akses jalan, penyediaan air baku melalui pembangunan bendungan sepaku, penyiapan lahan siap bangun (land development) dan lainnya.

Baca Juga: Masyarakat Lokal Tak 'Diusir' di IKN, Badan Otorita Bangun Rusun

Dikatakannya, pembangunan IKN tidak hanya sekedar memindahkan kantor-kantor pemerintah, tetapi juga untuk merubah cara kerja dalam mempermudah kegiatan.

"Para investor tidak perlu ragu dalam memperoleh izin untuk pembangunan di IKN. Saya lihat perwakilan perusahaan yang hadir pada siang ini sudah sangat relevan dengan pembangunan IKN," ujar Menteri Basuki, Rabu (30/11/2022).

Baca Juga: Keren! Perusahaan Teknologi Raksasa Dunia Ramai-Ramai Masuk ke IKN Nusantara

Terkait dengan partisipasi investor, Pemerintah mengharapkan juga investor asing dapat terlibat misalnya untuk membangun rumah sakit, sekolah, pasar, dan infrastruktur lainnya.

"Direncanakan pada kuartal ke 3 tahun 2023 Presiden akan bertemu dengan para investor IKN yang berminat dan menentukan ikut pembangunan pada bagian apa di IKN secara detail," lanjut Menteri Basuki.

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

Penasehat Utama Japan Bank for International Cooperation (JBIC) Hiroto Izumi mengatakan, 12 perusahaan besar yang bertemu adalah mereka yang bergerak dalam pembangunan infrastruktur dengan spesialisasinya masing-masing.

"Pemindahan IKN di Indonesia merupakan topik yang hangat bagi kami di Jepang, kami menantikan tindak lanjut dari pertemuan hari ini," pungkas Hiroto Izumi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini