Share

Progres Tol Yogyakarta, Kartasura-Klaten Tersambung Solo-Ngawi pada Oktober 2023

Iqbal Dwi Purnama, MNC Portal · Kamis 01 Desember 2022 15:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 01 320 2718625 progres-tol-yogyakarta-kartasura-klaten-tersambung-solo-ngawi-pada-oktober-2023-VPOZObYgFq.jpg Proyek Tol Yogyakarta. (Foto: Okezone.com/MPI)

JAKARTA - Konstruksi jalan Tol Solo-Yogyakarta-Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo seksi 1 Paket 1.1 Kartasura-Klaten sepanjang 35,64 kilometer (Km) mencapai 45,8%. Targetnya ruas Kartasura-Klaten akan tersambung dengan jalan Tol Solo-Ngawi pada Oktober 2023.

Direktur Utama PT JMM Adrian Priohutomo mengatakan, hingga saat ini progres pembebasan lahan mencapai 74,6%. Adapun pihaknya masih berkoordinasi dengan tim Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan juga Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Lahan Provinsi Jawa Tengah Kementerian PUPR untuk mengupayakan proses pembebasan lahan berjalan sesuai dengan target.

Baca Juga: Tol Bengkulu-Taba Penanjung Dioperasikan, Tarif Masih Gratis

"Jika pembebasan lahan bisa rampung sesuai target yang telah ditentukan, maka kami optimis dalam mengejar target penyelesaian konstruksi di akhir tahun 2023. Setelah beroperasi nanti, seksi 1 Paket 1.1 Kartasura-Klaten akan tersambung dengan Jalan Tol Solo-Ngawi di Interchange Kartasura yang juga dikelola oleh Jasa Marga Group,” ujar Adrian dalan pernyataan tertulisnya, Kamis (1/12/2022).

Adrian menambahkan, selain meningkatkan kolaborasi dengan stakeholder terkait, PT JMM juga berharap adanya peran serta dan partisipasi warga setempat yang terdampak dalam memenuhi kelengkapan berkas yang diperlukan juga berperan penting dalam percepatan proses pembebasan lahan untuk proyek jalan tol ini.

Baca Juga: 4 Cara Cek Saldo e-Toll Mandiri Lewat HP

Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo tergabung dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) dan mendukung program pemerintah dalam pemerataan infrastruktur di Indonesia.

Baca Juga: 50 Tahun Berkarya, Indomie Konsisten Hidupkan Inspirasi Indomie untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Proyek ini juga dibangun untuk meningkatkan kelancaran distribusi barang dan jasa (logistik), pengembangan industri dan pariwisata serta meningkatkan konektivitas di Pulau Jawa.

Adrian mengungkapkan nantinya Trase Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo akan melintasi dua provinsi, yaitu trase yang terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sepanjang 60,93 Km dan trase yang terletak di Provinsi Jawa Tengah sepanjang 35,64 Km.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini