Share

InJourney Bangun Dermaga Kelas Dunia, Kapal Pesiar Bisa Sandar di Labuan Bajo

Suparjo Ramalan, MNC Portal · Kamis 01 Desember 2022 16:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 01 320 2718697 injourney-bangun-dermaga-kelas-dunia-kapal-pesiar-bisa-sandar-di-labuan-bajo-RA2q98W2bl.jfif Labuan Bajo Bangun Dermaga untuk Kapal Pesiar. (Foto: Okezone.com/Royal Caribbean)

JAKARTA - PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney segera membangun dermaga yang diperuntukan untuk kapal pesiar dan wisata bersandar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Langkah itu memperkuat infrastruktur di destinasi super prioritas tersebut.

Direktur Marketing dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono mengatakan, Indonesia sebagai negara maritim, namun belum memiliki dermaga bertaraf internasional untuk kapal pesiar dan kapal wisata.

Untuk itu, InJourney selaku Holding BUMN Pariwisata dan Aviasi menginisiasi adanya pembangunan dermaga bertaraf global di kawasan Marina Labuan Bajo. Pilihan lokasi ini lantaran Marina sebagai waterfront city.

Baca Juga: Banyak Lahan Tidur Bisa Disulap Jadi Destinasi Wisata

"Kita memang ada rencana pengembangan untuk kapal pesiar maupun kapal wisata terkait dengan dermaga wisata (harbour) yang berkelas dunia di situ sehingga menjadi waterfront city," ungkap Maya, Kamis (1/12/2022).

Dirinya optimis bila keberadaan Dermaga Internasional untuk kapal pesiar dan kapal wisata menjadikan Marina sebagai waterfront city berkelas dunia.

Baca Juga: Targetkan 1,4 Miliar Wisatawan di 2023, Menparekraf Butuh Destinasi Baru yang Inovatif dan Edukatif

"Rencana pengembangannya adalah Marina ini kita buat menjadi world class waterfront city di mana terdapat hotel, ritel dan sebagainya, jadi ada pengembangan. Dengan demikian kapal pesiar, wisata, kapal yacht pribadi bisa bersandar dan meluangkan waktu untuk berwisata di Labuan Bajo," ujarnya.

Sejumlah titik destinasi di Labuan Bajo akan dibangun dan dipercantik oleh InJourney. Langkah ini sejalan dengan target Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Di mana, Sandiaga Uno menargetkan ada 1,5 juta turis asing yang mengunjungi Labuan Bajo setiap tahunnya.

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

Untuk mencapai target tersebut, pihaknya akan membangun dan mempercantik beberapa titik di destinasi super prioritas tersebut.

"Jadi Labuan Bajo itu one of the best in world, jadi memang indah sekali, jadi ingin keindahan ini bisa kita ekspos ke wisatawan domestik maupun internasional, jqdi memang ada atraksi bawa laut, tapi juga ada atraksi di darat," tuturnya.

InJourney juga akan membuka satu area baru di Pulau Rinca. Kawasan ini masuk dalam Kawasan Taman Nasional Komodo. Menurutnya, pembukaan area baru itu akan menambah daftar wisata di kawasan Pulau Komodo.

"Komodo kita juga ada rencana pengembangan, di mana kita akan membuka satu area lagi di Pulau Rinca. Jadi Pulau Komodo ada di Pulau Rinca, dimana nanti kita membuat akses berbeda untuk menuju ke Pulau Rinca. Jadi nantinya ekosistemnya akan terbentuk," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini