Share

Jangan Salah! Begini Penyebutan QRIS yang Benar, Bukan Kyuris atau Kiris

Michelle Natalia, MNC Portal · Selasa 06 Desember 2022 09:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 06 320 2721349 jangan-salah-begini-penyebutan-qris-yang-benar-bukan-kyuris-atau-kiris-6hgxMLruC7.JPG Cara sebut QRIS yang benar. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menyediakan fasilitas pembayaran praktis berupa Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang sudah banyak dipakai masyarakat Indonesias saat ini.

Bahkan, penggunaan QRIS memudahkan para merchant, UMKM, maupun masyarakat dalam era transaksi serba digital ini.

Namun, bagaimana sebenarnya pengucapan QRIS yang benar?

"Yang benar (pengucapannya) adalah 'KRIS' ya. Ini sekali lagi saya omongkan ke bapak ibu, bukan 'KYURIS', bukan 'KIRIS' apalagi 'KWRIS'," ujar Asisten Gubernur BI sekaligus Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Filianingsih Hendarta dalam BIRAMA Talkshow: Meniti Jalan Menuju Digital Rupiah secara virtual di Jakarta, dikutip Selasa (6/12/2022).

 BACA JUGA:5 Manfaat QRIS untuk Para Pemilik Bisnis, Nomor 4 Tanpa Ribet

Dia mengakui bahwa kesalahan pengucapan QRIS selama ini membuatnya cukup gemas.

Maka dari itu, dia menekankan kembali mengenai pengucapan QRIS yang benar, yaitu 'KRIS'.

Sebagai informasi, BI pertama kali meluncurkan QRIS pada 17 Agustus 2019 dan tanggal berlakunya dimulai pada 1 Januari 2020.

Baca Juga: Hindari Masalah Kesehatan yang Mungkin Timbul Setelah Penerbangan Jarak Jauh

Baca Juga: BuddyKu Fest: Challenges in Journalist and Work Life Balance Workshop

Follow Berita Okezone di Google News

Berdasarkan data BI, total pengguna QRIS sudah melampaui 21 juta pengguna.

Bahkan, penggunaan QRIS saat ini bukan hanya di Indonesia saja, tetapi sudah merambah ke beberapa negara ASEAN seperti Thailand, Malaysia, dan Singapura.

Adapun QR antar negara dengan Thailand sudah diterapkan sejak Agustus 2022, sedangkan QR antar negara dengan Malaysia dan Singapura masing-masing sedang dalam tahap uji coba dan pengembangan.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur BI Perry Warjiyo juga menyebut bahwa QRIS masih akan mendapatkan banyak pengembangan ke depannya.

"Pengembangan fitur dan model bisnis QRIS serta kerja sama QR antar negara akan terus diperluas ke depannya," ucap Perry.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini