Share

5 Fakta Daerah dengan Penduduk Miskin Terbanyak di Maluku dan Papua

Clara Amelia, Okezone · Senin 23 Januari 2023 07:14 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 20 320 2750210 5-fakta-daerah-dengan-penduduk-miskin-terbanyak-di-maluku-dan-papua-xe8LPHtyGX.jpg Daerah Termiskin (Foto: Okezone)

JAKARTA - Deretan daerah dengan penduduk miskin terbanyak di Maluku dan Papua. Maluku dan Papua adalah salah satu provinsi di Indonesia dan terletak di bagian timur.

Berikut fakta-fakta penduduk miskin di Maluku dan Papua yang dirangkum Okezone, Senin (23/1/2023):

1. Maluku

Secara administratif, Maluku memiliki luas 62.946 km2 dan beribukotakan kota Ambon.

Seperti provinsi lain, Maluku tidak memiliki banyak penduduk miskin. Kabupaten Maluku Tengah menduduki peringkat sebagai daerah termiskin di Maluku.

2. 6 Daerah

Melansir dari berbagai sumber, berikut 6 daerah dengan penduduk miskin terbanyak di Maluku: Maluku Tengah Seram Bagian Barat Maluku Tenggara Barat

Jumlah penduduk miskin di Maluku Tenggara Barat mencapai 30,70 ribu jiwa di tahun 2021.

Lalu Seram Bagian Timur, Buru jumlah penduduk miskin di Kabupaten Buru mencapai 25,23 ribu jiwa di tahun 2021 dan Kepulauan Aru termasuk daerah dengan jumlah penduduk miskin tertinggi di Maluku.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

3. 5 Daerah Papua

Ada lima daerah yang memiliki penduduk miskin terbanyak di Papua.Kabupaten Intan Jaya, Kabupaten Deiyai, Kabupaten Lanny Jaya, Kabupaten Supiori, Kabupaten Yahukimo.

Di mana ternyata di sana memiliki banyak desa-desa tertinggal dengan jumlah penduduk yang relatif tinggi.

4. Banyak Aktivitas

Provinsi yang terletak di bagian paling timur Republik Indonesia ini menjadi salah satu wilayah yang belum banyak diisi oleh aktivitas manusia.

5. Peringkat Termiskin

Menurut data yang tercatat pada Badan Pusat Statistik (BPS), Papua berada di peringkat 1 hampir 50 persen miskin. Data ini dilihat berdasarkan Kabupaten-Kabupaten yang ada dan persentase penduduk miskin mulai dari tahun 2019 hingga 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini