Share

IPO, Penta Valent (PEVE) Jadi Pendatang Baru ke 9 Tahun Ini

Anggie Ariesta, MNC Portal · Selasa 24 Januari 2023 08:36 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 24 320 2751721 ipo-penta-valent-peve-jadi-pendatang-baru-ke-9-tahun-ini-2n9N31hs8p.jpg PEVE jadi pendatang baru ke 9 di BEI hari ini (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Penta Valent Tbk (PEVE) akan melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari ini, Selasa (24/1/2023). Dengan IPO ini, PEVE menjadi perusahaan tercatat ke-9 di BEI pada tahun 2023.

PEVE mematok harga IPO Rp149 per saham dengan melepas sebanyak 353,12 juta saham atau 20% dari modal ditempatkan dan disetor setelah IPO bernilai nominal Rp20 per saham.

Mengutip laman e-IPO, PEVE distributor produk-produk farmasi dan barang-barang konsumsi seperti kosmetik, personal care, toiletries dan household di Indonesia melalui 34 cabang dengan jangkauan nasional.

Sejak tahun 2009, Penta Valent meningkatkan kompetensinya untuk mendistribusikan produk-produk rantai dingin (Cold Chain Products/CCP) di mana produk harus dijaga pada rentang temperature 2° – 8° C secara konstan pada waktu penyimpanan, pengiriman, sampai dengan diserahkan kepada Rumah Sakit atau Apotek.

Untuk menjaga kualitas produk dengan memastikan produk berada pada rentang temperatur tersebut diperlukan kemampuan, disiplin dan komitmen seluruh karyawan terkait untuk menjalankan tugasnya sesuai Pedoman Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB) yang ditetapkan oleh BPOM RI.

Perseroan juga merupakan salah satu perusahaan yang telah menyelesaikan sertifikasi CDOB untuk Kantor Pusat dan seluruh 34 Cabang pada tahun 2019. Atas komitmen dalam menerapkan dan upaya untuk memperoleh Sertifikat CDOB ini, Perseroan mendapatkan penghargaan (award) dari BPOM RI di tahun 2017.

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

Pada saat ini BPOM RI memberlakukan status mandatory (wajib) bagi seluruh Pedagang Besar Farmasi (PBF), artinya tanpa Sertifikat CDOB sebuah PBF tidak diperbolehkan untuk menjalankan pekerjaan kefarmasian dalam hal ini mendistribusikan produk-produk farmasi.

PEVE akan mencatatkan sejumlah 1.765.625.000 saham di BEI. Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek adalah Lotus Andalan Sekuritas.

Setelah IPO, susunan pemegang saham PEVE adalah PT Tancorp Mega Buana 40,35%, PT Maramakmur Selaras 20,22%, PT Multi Indotama Mandiri 19,43%, masyarakat 19,98%, dan saham employee stock allocation (ESA) 0,02%.

Tancorp adalah entitas milik konglomerat Hermanto Tanoko dan dirinya memang menjadi pengendali Penta Valent. Hermanto Tanoko adalah salah satu orang terkaya di Indonesia.

Bersama kakaknya, Wijono Tanoko, Hermanto adalah orang terkaya nomor 11 versi The Real-Time Billionaires Forbes. Per Senin 23 Januari siang, kekayaannya mencapai USD3,2 miliar (sekitar Rp 48,24 triliun).

Hermanto melalui Tancorp Group memiliki sejumlah perusahaan terbuka, sebut saja produsen air minum kemasan Cleo, yakni PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO), PT Mega Perintis Tbk (ZONE) atau Manzone, PT Jaya Sukses Makmur Sentosa Tbk (RISE), PT Caturkarda Depo Bangunan Tbk (DEPO), dan PT Avia Avian Tbk (AVIA) alias Avian Brands.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini