Share

Erick Thohir: Banyak Negara Pesaing Takut dengan Indonesia

Suparjo Ramalan, MNC Portal · Selasa 24 Januari 2023 14:44 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 24 320 2752013 erick-thohir-banyak-negara-pesaing-takut-dengan-indonesia-uZLc0nSgoJ.jpg Negara pesaing takut dengan Indonesia (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir menyebut banyak negara pesaing yang takut dengan Indonesia. Pasalnya neraca perdagangan Indonesia kini terus membaik.

Erick mencatat perdagangan internasional Indonesia surplus USD51 miliar atau setara Rp761,7 triliun. Menurutnya, surplus perdagangan terjadi ketika nilai ekspor lebih tinggi dari impor.

"Surplus perdagangan kita hari ini besar sekali USD 51 miliar. Ekspor kita juga terus meningkat, ini yang ditakutkan oleh negara-negara pesaing kita," ungkap Erick, Selasa (24/1/2023).

Faktor lain yang membuat negara pesaing ketakutan adalah proyeksi Indonesia sebagai negara dengan kekuatan ekonomi terbesar ke-4 di dunia pada 2045.

"Karena tahun 2045 kita ditargetkan masuk 4 besar atau 5 besar ekonomi dunia. Mereka sudah membaca data ini, makanya (mereka ingin) kita terlambat. Artinya, jangan cepat kaya lah Indonesia, gitu," kata dia.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Erick memang yakin bahwa pertumbuhan ekonomi nasional tahun ini mencapai 5%. Bahkan, ekonomi Indonesia menempati peringkat kedua dari negara G20, di bawah India dengan 6,10%.

Berdasarkan proyeksi International Monetary Fund (IMF), pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini mengungguli China dengan 4,40% maupun Amerika Serikat (AS) dengan 1%.

Sementara negara-negara G20 lain seperti Italia, Jerman, Rusia, diproyeksikan mengalami pertumbuhan ekonomi yang negatif.

"Perbandingannya dengan negara-negara G20 posisi kita sangat baik, ini konteks menarik artinya posisi kita sudah baik, apakah kita ada kekurangan, pasti ada," tutur dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini