Share

Tarif BPJS Kesehatan 2023 Resmi Naik! Ini Penjelasannya

Khairunnisa, Okezone · Selasa 24 Januari 2023 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 24 320 2752017 tarif-bpjs-kesehatan-2023-resmi-naik-ini-penjelasannya-Zb1qT22ooI.jpeg Tarif BPJS Kesehatan Naik. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - BPJS Kesehatan menaikan tarif bukan iuran peserta. Kenaikan tarif tersebut diperuntukan ke fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit ataupun klinik.

Adapun kenaikan tarif BPJS Kesehatan diatur dalam Peraturan Kementerian Kesehatan Nomor 3 tahun 2023. Dengan kenaikan tarif ini diharapkan layanan fasilitas kesehatan semakin baik dan membuat peserta semakin nyaman.

Baca Juga: Tunggakan BPJS Bisa Diputihkan? Begini Jawabannya

Peserta BPJS Kesehatan pun tak perlu khawatir sebab, kenaiakn ini hanya ada di tarif Kapitasi, Non Kapitasi, INA CBG’s dan Non INA CBG’s di fasilitas kesehatan. Sehingga yang dinaikan hanya tarif, bukan besaran iuran yang dibayarkan peserta setiap bulan.

Dikutip dari Twitter @BPJSKesehatanRI, Selasa (24/1/2023), diketahui iuran atau premi itu adalah besaran biaya yang dibayarkan peserta ke PBJS kesehatan setiap bulannya.

Baca Juga: Cek Darah di Puskesmas Apakah Bisa Pakai BPJS?

Sedangkan tarif adalah besaran biaya yang dibayarkan BPJS kesehatan ke fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, klinik atau puskesmas,”

Namun, kenaikan tarif BPJS Kesehatan ini fasilitas kesehatan akan mendapatkan biaya yang lebih besar lagi.

Dengan hal itu diharapkan pelayanan kesehatan dan sarana prasarana di fasilitas kesehatan akan semakin baik dan memuaskan.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Adapun besaran iuran bagi peserta BPJS Kesehatan masih sama sesuai sesuai Perpres No.64 Tahun 2020.

Lalu besaran iuran BPJS Kesehatan adalah peserta BPJS Kesehatan Kelas 1 wajib membayar iuran Rp150.000 per orang per bulan. Sedangkan untuk Kelas 2 Rp100.000, dan Kelas 3 Rp35.000.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini