Share

Malaysia Masuk Daftar Investor Terbesar RI, Menteri Bahlil: Jangan Terkecoh

Ikhsan Permana, MNC Portal · Selasa 24 Januari 2023 21:02 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 24 320 2752314 malaysia-masuk-daftar-penyumbang-investasi-terbesar-ri-menteri-bahlil-jangan-terkecoh-4cBw7zogpp.png Menteri Bahlil Soal Investasi 2022. (Foto: Okezone.com/MPI)

JAKARTA - Lima negara menjadi penyumbang terbesar investasi di Indonesia, di antaranya Singapura, China, Hongkong, Jepang dan Malaysia. Adapun realisasi investasi sepanjang 2022 mencapai Rp1.207,2 triliun.

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan, masuknya Malaysia dalam 5 besar negara penyumbang investasi terbesar bukan berarti negara tersebut memiliki uang yang lebih banyak dibandingkan dengan Indonesia.

Baca Juga: Geser Singapura, China Jadi 'Raja' Investasi di Indonesia

Menurut Bahlil, Malaysia saat ini merupakan negara hub seperti Singapura.

"Ini Malaysia jangan terkecoh, mohon maaf ini bukan uangnya orang Malaysia, tapi Malaysia dijadikan sebagai hub untuk melakukan investasi dari Korea," kata Bahlil di Kantor Kementerian Investasi, Selasa (24/1/2023).

Baca Juga: Realisasi Investasi Rp314,8 Triliun di Kuartal IV-2022, Paling Banyak dari Asing

Bahlil menjelaskan, sebagian investasi yang masuk dari Malaysia berasal dari Korea Selatan melalui perusahaan Lotte.

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

"Lotte itu hubnya di Malaysia jadi jangan kita pikir ini uangnya orang Malaysia. Enggak, Indonesia punya duit mungkin lebih banyak," ucap Bahlil.

Sebagai informasi, realisasi investasi dari Malaysia sepanjang tahun 2022 mencapai USD3,3 miliar atau setara Rp49,13 triliun sehingga mengantarkan Malaysia menjadi negara nomor 5 dengan jumlah investasi terbesar di Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini