Share

PNS Bisa Cepat Naik Pangkat, Ini Kata Kementerian PANRB

Dovana Hasiana, MNC Portal · Jum'at 27 Januari 2023 14:23 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 27 320 2754198 pns-bisa-cepat-naik-pangkat-ini-kata-menpanrb-0MTuM4wB4c.jpg Kenaikan Jabatan PNS. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menerangkan soal aturan jabatan fungsional di lingkup aparatur negara melalui peraturan Menteri PANRB Nomor 1 Tahun 2023.

Aturan ini mengungkapkan adanya penghapusan Daftar Usul Penetapan Angka Kredit (DUPAK). Di mana DUPAK selama ini menjadi acuan kenaikan pangkat yang berisikan daftar prestasi kerja pejabat fungsional.

Baca Juga: Punya Penghasilan Tetap, MenpanRB Minta PNS Jangan 'Malas-malasan'

“Kita mengurangi keruwetan JF (jabatan fungsional). Kita ini punya 2 juta pejabat fungsional. Setelah survei, untuk mengisi DUPAK (dibutuhkan) 1 hari, 3 hari, 7 hari, 10 hari. Rata-rata mengisi 2 hari, 1% dipakai untuk mengisi DUPAK. Berarti kita merekrut 20.000 JF (jabatan fungsional) hanya untuk mengisi DUPAK,” ungkap Deputi SDM Aparatur PANRB Alex Denni dalam Sosialisasi PermenPANRB No. 1/2023 tentang Jabatan Fungsional di Jakarta, Jumat (27/1/2023)

Untuk menggantikan DUPAK, penilaian jabatan fungsional didasari keberhasilan memenuhi ekspektasi kerja yang diberikan oleh pemimpinnya. Sehingga tugasnya tidak lagi berdasarkan pada sasaran kinerja pegawai (SKP) yang rigid dan tidak sesuai dengan kebutuhan lembaga.

Baca Juga: Harta Kekayaan PNS Terkaya di Indonesia Turun Jadi Rp802 Miliar

Deputi SDM Aparatur PANRB Alex pun meminta pejabat fungsional secara aktif memastikan ekspektasi kerja, mendapatkan evaluasi di setiap bulannya dan terus meningkatkan kapasitasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

”Jadi sekarang tugasnya (pejabat fungsional) adalah clarify (memastikan) ekspektasi kerja dari pimpinan dan deliver (melaksanakan) ekspektasi tersebut, tanya feedback (evaluasi), dan terus belajar untuk meningkatkan kapasitas,” pungkasnya.

Dengan adanya permen ini, Alex berharap jabatan fungsional bisa memberikan dampak yang besar kepada masyarakat, sekaligus merealisasikan program Penyederhanaan Birokrasi yang menjadi Prioritas Kerja 2019 - 2024 Presiden Joko Widodo.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini