Advertisement
Advertisement

Kabar Baik Pekerja! Cuti Bersama Tak Lagi Potong Jatah Cuti Tahunan

Feby Novalius , Jurnalis-Rabu, 11 November 2026 |06:02 WIB
Kabar Baik Pekerja! Cuti Bersama Tak Lagi Potong Jatah Cuti Tahunan
Pekerja/buruh tidak perlu khawatir jatah cuti tahunannya berkurang saat perusahaan menerapkan cuti bersama yang ditetapkan pemerintah pusat. (Foto: Okezone.com/Freepik)
A
A
A

Adapun mengenai hak cuti tahunan, Pasal 118 ayat (5) mewajibkan pemberi kerja memberikan cuti tahunan paling sedikit 12 hari kerja kepada pekerja/buruh yang telah bekerja selama 12 bulan secara terus-menerus.

Sementara itu, pelaksanaan cuti tahunan tersebut diatur lebih lanjut dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja bersama. Ketentuan ini tercantum dalam Pasal 118 ayat (7).

Dengan demikian, UU Nomor 27 Tahun 2026 memberikan ketentuan khusus mengenai pelaksanaan cuti bersama. Berbeda dengan ketentuan sebelumnya yang mengatur bahwa cuti bersama mengurangi jatah cuti tahunan pekerja/buruh, aturan terbaru secara tegas menyatakan bahwa cuti bersama yang ditetapkan pemerintah pusat tidak mengurangi hak tersebut.

Baca Selengkapnya: UU Pelindungan Ketenagakerjaan: Cuti Bersama Tak Kurangi Cuti Tahunan Pekerja

(Feby Novalius)

Ekonomi Okezone menyajikan berita ekonomi terkini dan terpercaya. Dapatkan wawasan tentang tren pasar, kebijakan ekonomi, dan pergerakan finansial di Indonesia dan dunia.

Follow WhatsApp Channel Okezone untuk update berita terbaru setiap hari
Berita Terkait
Telusuri berita finance lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement