Harga Telur Ayam di Solo Anjlok

Kamis, 02 Agustus 2012 17:08 wib | Bramantyo - Okezone

Ilustrasi. (Foto: Bramantyo/Okezone) Ilustrasi. (Foto: Bramantyo/Okezone) SOLO - Harga telur ayam di Solo dan sekitarnya sempat menembus harga Rp19 ribu per kilogram (kg) pada awal hingga minggu kedua Juli 2012, serta sempat bertahan pada kisaran harga Rp15.500 per kg pada pertengahan hingga akhir minggu Juli 2012. Kini harga telur tiba-tiba anjlok hanya Rp11.750 per kg.

"Baru dua hari ini harga telur ayam tiba-tiba anjlok. Padahal stok saya dari kulakan minggu kemarin masih banyak. Itupun kulakan masih dengan harga Rp221.250 per kotak. Sedang saat ini harga kulakan tinggal Rp166 ribu per kotak,” ungkap pedagang telur ayam, bu Rum, di Pasar Legi, Solo, Jawa Tengah, Kamis (2/8/2012).

Sembari melayani pembeli, dia mengatakan bahwa anjloknya harga telur ayam salah penyebabnya adalah pasokan tiba-tiba melimpah. "Anjloknya harga, sempat membuat saya sedikit syok, karena turunnya begitu drastis," ujarnya.

Hal senada juga dikemukakan Joko Tole, pedagang telur ayam di Pasar Kadipolo Solo. Ia mengatakan bahwa sudah dua hari ini memang telah terjadi penurunan harga telur ayam yang cukup drastis.

"Masa harga turun sampai sekira Rp50 ribu per kotak. Kami pedagang sempat pusing juga, terutama mereka yang sudah terlanjur punya stok banyak. Kalaupun turun, ya bertahap, bukan langsung seperti sekarang ini," ujarnya.

Sementara itu, penjual gudeg di kawasan Keprabon Solo, Ibu Zaenal, mengaku lega atas turunnya harga telur ayam. Apalagi ia juga membutuhkan telur ayam banyak untuk melengkapi gudeg yang dijualnya.

"Saya sekarang membeli telur ayam hanya Rp11.750 per kg. Minggu kemarin masih Rp15 ribu per kg. Turun banyak memang. Apalagi setiap dua hari sekali paling tidak, saya butuh telur sekira 20-25 kg," ungkapnya. (ade)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป