>

Siapakah Indra Bakrie?

Senin, 10 Desember 2012 - 11:13 wib | Gina Nur Maftuhah - Okezone

Indra Bakrie (Foto: Bumi Plc)

 Siapakah Indra Bakrie?
JAKARTA - Adik kedua dari pengusaha tenar Aburizal Bakrie, Indra Bakrie memutuskan turun tahta dari jabatannya sebagai Komisaris Bumi Plc. Siapa sebenarnya Indra Bakrie ini?

Dikutip dari data yang dihimpun Okezone, Indra Usmansyah Bakrie adalah anak ketiga dari Achmad Bakrie setelah Aburizal Bakrie, dan Roosmania Odi Bakrie. Kakak dari Nirwan Bakrie ini memiliki dua anak, yakni Eda Bakrie dan Adinda Bakrie. Sedangkan istrinya, sosialita ibu kota, Gaby Bakrie.

Lulusan dari University of Southern California pada tahun 1976 di jurusan Administrasi Bisnis ini telah sukses membantu bisnis Bakrie di bidang eksplorasi perkebunan, minyak dan gas bumi dan perdagangan, real estate, dan infrastruktur. Dia telah berperan dalam nilai unlocking dalam Grup Bakrie dengan membuat daftar anak perusahaan yang berbeda dan meningkatkan kapitalisasi pasar lebih dari USD 7 miliar.

Beberapa waktu lalu, dia pernah memegang salah satu anak usaha Group Bakrie, PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG). Saat ini, perusahaannya bersama dengan Inpec Coorporation, yang bertindak sebagai operator, menggarap lapangan gas abadi di blok Masela.

Selain PT Bumi Resources Tbk (BUMI), bisnis keluarga Bakrie memang menggurita di mana-mana. Selain bisnis tambang, Bakrie mengembangbiakan usaha Bakrie Brothers di Lampung yang tadinya hanya berbisnis karet, lada, dan kopi ke bisnis baja dan kawat. Setelah itu, saat ini bisnisnya beranak pinak ke bisnis tambang, pipa, properti, infrastruktur dan sebagainya.

Akhir pekan lalu, Bumi Plc, induk usaha BUMI, kembali kehilangan seorang komisaris dari Grup Bakrie. Setelah sebelumnya Nathaniel Rothschild mengundurkan diri dari perusahaan tersebut, kini giliran salah satu wakil dari keluarga Bakrie yang mengundurkan diri.

"Bumi Plc (Bumi) mengumumkan bahwa Indra Bakrie, direktur dan wakil komisaris Bumi Plc, telah mengundurkan diri dengan segera," ungkap keterangan tertulis Bumi.

Dalam suratnya kepada dewan direksi Bumi, Indra Bakrie mengatakan tujuan Grup Bakrie pada perusahaan yang listing di London tersebut sampai saat ini belum dapat terpenuhi. Adapun tujuan tersebut, yakni Grup Bakrie telah mengajukan proposal untuk keluar dari Bumi.

"Oleh karena itu dia mengundurkan diri sebagai direktur perusahaan," jelas ketarangan tersebut.

Sementara mundurnya Rothschild lantaran adanya perseteruan dengan Grup Bakrie di Bumi Plc. Rothschild meminta dilakukan investigasi independen atas indikasi penyelewengan dana yang dilakukan BUMI. Investigasi ini dilakukan oleh firma hukum, Macfarlanes atas BUMI, yang 29 persen sahamnya dimiliki Bumi Plc.
(wdi)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Jokowi Harus Realisasikan Kartu Indonesia Sehat & Pintar