>

Ini Negara-Negara "Dermawan" Pemberi Tip Saat Santap Malam

|

Iwan Supriyatna - Okezone

Ini Negara-Negara
JAKARTA - Kebiasaan bersantap malam masyarakat di luar kawasan Asia Pasifik rupanya mendatangkan keuntungan berupa tip untuk restoran yang disambanginya.

Berdasarkan hasil survei yang dikutip Okezone, Jumat (10/5/2013) dari Mastercard menyebutkan, pasar-pasar berkembang di Asia cenderung lebih banyak untuk memberikan tip direstoran dibandingkan pasar-pasar yang telah maju.

27 pasar di Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika diambil sebagai bahan penelitian, dengan meneliti 7687 responden di 16 pasar yang dimintai pertanyaannya seputar kebiasaan mereka bersantap malam diluar.

Hasilnya adalah, konsumen yang berasal dari Filipina adalah pemberi tip terbesar dengan prosentase 97 persen, diikuti oleh Bangladesh dengan prosentase 88 persen dan Thailand 79 persen.

Namun, ada juga pasar-pasar di mana konsumen cenderung lebih berhemat dalam memberikan tip diantaranya Hongkong, Singapura dan Malaysia.

Survei juga menyebutkan, sebelum bersantap malam, lebih dari sepertiga konsumen berkala mencari ulasan-ulasan online sebelum membuat keputusan restoran mana yang akan dituju.

Pasar-pasar dengan teknologi paling maju di Asia seperti Taiwan, Jepang dan Singapura merupakan pasar-pasar paling bergantung pada ulasan-ulasan online pada saat menentukan restoran mana yang akan dituju.

Dan untuk pasar-pasar berkembang dikawasan ini seperti, Indonesia, Vietnam dan Bangladesh, konsumen masih lebih suka mendapatkan rekomendasi dari keluarga dan teman-teman. (wan) (wdi)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Wall Street Meroket Didorong Saham Microsoft