Jelang Lebaran, Daging Sapi & Ayam Berlomba Naik

|

Agus Ismanto - Sindo TV

Ilustrasi. (Foto: Okezone)

Jelang Lebaran, Daging Sapi & Ayam Berlomba Naik
GRESIK - Harga daging sapi dan ayam potong di pasar tradisional, Gresik, terus merangkak naik sehingga membuat resah para pedagang dan juga para ibu rumah tangga.

Kenaikan harga daging sapi dan ayam potong, terjadi sejak pemerintah berencana menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) hingga pemerintah secara resmi mengumumkan kenaikan harga BBM.

Harga daging sapi dan ayam potong di pasar tradisional di Gresik, tercatat dua kali mengalami kenaikan. Harga daging sapi kualitas biasa di tingkat pedagang besar atau jagal sapi, kini mencapai Rp90 ribu per kilogram (kg) dari harga sebelumnya Rp78 ribu per kg.

Sedangkan daging sapi kualitas super, yang semula dijual Rp85 ribu per kg, kini merangkak naikĀ  menjadi Rp105 ribu per kg. Para pedagang memperkirakan kenaikan harga daging sapi akan terus berlangsung hingga datangnya perayaan Ramadhan dan Idhul Fitri.

Selain tingginya permintaan daging sapi di bulan-bulan tersebut, para pedagang juga mengeluhkan terbatasnya persediaan sapi di tingkat para petani. Mereka berharap Pemerintah Provinsi Jawa Timur, membuka keran impor daging sapi, karena keterbatasan persediaan sapi dari para petani.

Kenaikan mencolok juga terjadi pada daging ayam potong, yang mencapai Rp26 ribu per kg, dari harga sebelumnya pada kisaran Rp20 ribu per kg. Tidak stabilnya harga daging ayam potong, membuat resah para pedagang karena pembelinya terus merosot.
(mrt)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pertamina Masih Kaji Besaran Subsidi Tetap BBM